Konsentrasi New Normal Kepri ialah Zona Hijau

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kepulauan Riau dalam waktu dekat akan melaksanakan new normal. Namun demikian konsentrasi penarapannya adalah wilayah atau zona hijau Covid-19.

Hal ini disampaikan Sekdaprov Kepri, HT S Arif Fadillah saat memimpin rapat kesiapan menghadapi adaptasi perubahan pola hidup pada Covid-19 (Fase New Normal) melalui video conference di ruang rapat lantai.3, Kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (28/5/2020).

Arif dalam pembukaan video mengatakan bahwa dirinya beberapa hari yang lalu mewakili Plt Gubernur untuk mengikuti rapat melalui vicon bersama sejumlah kementerian membahas tentang persiapan fase new normal.

“Konsentrasi untuk new normal adalah wilayah hijau yang ada di Kepri seperti Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas. Sedangkan Karimun kita targetkan segera masuk wilayah hijau,” kata Arif.

Pemprov pun lanjut Arif, sudah menggelar rapat bersama FKPD agar mendorong seluruh daerah di Kepri segera masuk lawasan hijau. Sehingga dalam tahap awal ini Kepri akan fokus telebih dahulu dibidang industri dan pariwisata.

“Apapun yang jelas kita sudah siapkan persiapan untuk fase new normal, pola hidup dengan aturan protokol kesehatan. Konsep utama kita adalah kesehatan rakyat terjaga namun perputaran ekonomi tetap berjalan,” lanjut Arif.

Untuk itu, Arif meminta pernyataan dari kabupaten dan kota beserta semua pihak terkait yang bergerak dibidang industri dan pariwisata untuk kesiapannya dalam mengikuti fase New Normal ini.

Apalagi dalam kondisi riil, Kepri di luar Batam kurva penyebaran Covid menurun dan tingkat kesembuhan yang relatif tinggi.

“Kita tetap pelajari titik mana saja yang aman untuk di Kepri ini, dan kita pilih pariwisata karena Kepri memang terdepan di pariwisatanya,” tambah Arif.

Pemprov menggesa agar pelaku industri dan pariwisata yang menyatakan kesiapannya segera melaporkan, agar Pemprov dapat mengusulkan ke pusat untuk persiapan new normal tersebut.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Bidang Perekonomian Syamsul Bahrum, Kaban Kesbangpol Lamidi, Kadis PMD Sardison, Kadis Pendidikan M. Dali, Kadis Kominfo Zulhendri, Perwakilan Dinas Kesehatan dan Pariwisata Kabupaten Bintan juga Karimun beserta dunia usaha yang bergerak di bidang Industri dan Pariwisata. (mat/man)

Loading...