Robot Disinfektan Pertama di Indonesia untuk Lawan Covid-19 Telah Lahir

Loading...

Idealnya, Irwan menyebutkan, UVC yang dibawa oleh AUMR ini bisa mensterilisasi dirinya sendiri dari paparan virus selama proses sterilisasi itu berlangsung.

“Tapi sampai saat ini kita belum melakukan pengecekan bagian blankspot di AUMR yang tidak terkena cahaya sinar UVC yang dibawanya,” ungkapnya.

Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Ratih Asmana Ningrum menyebutkan satuan kerjanya berperan untuk uji efektivitas robot sebagai sterilizer. Proses pengujian alat dilakukan di laboratoroum BSL-3 di Cibinong.

Mengenai teknis pengujian alat, Ratih menjelaskan pihaknya menguji kemampuan robot untuk mensterilisasi ruangan. “Untuk tahap awal, kami menguji dulu kemampuannya terhadap bakteri, jadi akan dibandingkan jumlah bakteri sebelum dan sesudah penyinaran,” jelasnya.

Pengujian dilakukan di beberapa tipe ruangan : ruangan tekanan positif (seperti ruangan operasi), ruangan tekanan negatif (ruangan isolasi) dan ruang umum”

Sebagai informasi, peran Tel-U dlm pengembangan AUMR ini, selain dalam bidang pendanaan adalah membuat platform mobile robot yang sudah siap diintegrasikan dan digunakan, laboratorium pembuatan prototipe, dan SDM yang membantu pembuatan prototipe tersebut.

Terciptanya AUMR ini juga dituliskan di Instagram kementerianristekbrin. (mat)

Loading...