Presiden Jokowi Geram Ada Kepala Daerah Tak Respon Corona

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Ada nada geram dari Presiden Joko Widodo saat membuka Rapat Sidang Paripurna, Selasa (14/4/2020). Ia menyesalkan masih ada kepala daerah yang dinilainya belum memiliki respons dan belum ada feeling dalam situasi yang tidak normal ini.

Rupanya, Presiden sudah mengantongi nama-nama kepala daerah dimaksud. Rapat memang membahas realokasi dan refocusing anggaran daerah untuk penanganan penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap sosial-ekonomi.

Lalu Presiden membeberkan, ada 103 pemerintah daerah yang belum mengalokasikan dana untuk JPS. Selebihnya, ada 140 Pemda belum menganggarkan penanganan dampak Covid-19 terhadap ekonomi.

Jokowi mengartikan sikap yang seperti itu sebagai masih belum memiliki respons dan belum ada feeling dalam situasi yang tidak normal.

Perintah pun disampaikan kepada Mendagri Tito Karnavian dan Menkeu Sri Mulyani Indrawati untuk menegur kepala daerah tersebut.

Presiden dalam banyak kesempatan, khususnya terkait corona, selalu mengingatkan agar seluruh kementerian, lembaga dan seluruh pemerintah daerah menyisir ulang kembali APBN dan APBD-nya. Gunanya agar apa yang tak perlu bisa dipangkas dan uangnya untuk penanganan Covid-19.

Penanganan Covid-19 yang diinginkan Presiden Jokowi ialah di bidang kesehatan juga sosial ekonomi warga. (mat)

Loading...