free page hit counter

Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto: Bahagia Itu Sederhana

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sebuah video pendek berdurasi sekitar 2 menit 45 detik masuk ke WhatsApp (WA) saya, Senin (16/3/2020) pukul 12.51.

Saat video itu dibuka, tampak serombongan pesepeda yang sedang melintasi jalanan off road.

Rombongan itu dipimpin seorang pria berkaus lengan panjang warna oren, bercelana pendek warna hitam, kaus kaki hitam dan bersepatu oren.

Video itu diiringi instrumen musik yang didominasi suara terompet dengan nada riang dan cepat. Secepat rombongan pesepeda yang melintas dengan cepat di jalanan off road.

Tak lama berselang lagu pengiring berubah. Kali ini yang terdengar adalah nada riang gembira dari lagu Shakira penyanyi Latin yang berjudul Waka Waka.

Seiring perubahan lagu pengiring, tayangan video pun berubah. Pemimpin rombongan berkaus oren tampak dikelilingi anak-anak di tengah lapangan, yang sebagian besar tak berumput.

Anak-anak dari usia 7 tahunan hingga belasan tahun terlihat serius mendengar arahan.

Ada yang tak berbaju dengan celana panjang. Ada juga yang mengenakan celana pendek tanpa baju.

Tampak juga yang bercelana pendek dengan kaus bola dan nyaris semuanya tanpa alas kaki atau sepatu bola.

Pria berkaus oren yang memimpin rombongan peseda itu, adalah Irjen Pol Andap Budhi Revianto. Yang memimpin rombongan pesepeda.

Di video itu, Andap tengah berunding dengan generasi milenial yang sedang bermain bola.

Perundingan singkat menentukan pembagian tim. Pejabat Polda Kepri dan kepolisian bergabung dengan generasi milenial serta membentuk dua tim.

Bola pun diletakkan di tengah lapangan, peluit pun berbunyi disertai lagu yang dinyanyikan istri Gerard Pique, bintang sepak bola Barcelona itu.

Lalu laga persahabatan antara dua tim itu berlangsung serius. Saling serang. Bahkan, ada yang terguling-guling di lapangan saat berebut bola.

Meski begitu, canda tawa tanda sebuah kebahagiaan maksimal tampak terlihat dan terdengar. Benar kata pepatah, bahagia itu sederhana.

Sesederhana permainan sepak bola antara tim gabungan pejabat Polda Kepri dengan tim generasi milenial di kawasan Nongsa, Batam, Minggu (15/3/2020) sore.

Usai laga, kedua tim berfoto bersama. Wajah-wajah semringah dan bahagia dengan senyum lebar di bibir terlihat jelas di sesi foto tersebut.

Sebagian dari generasi milenial itu mungkin tidak tahu, yang mengajak mereka bermain bola adalah jenderal berbintang dua.

Sebagian lainnya mungkin juga tahu. Karena, Kapolda Kepri ini memang sering berbaur dengan masyarakat umum dengan semua lapisan usia.

Yang jelas kebahagiaan sore itu, menjadi milik mereka semua yang ada di lapangan.

“Kami sedang melintas di sekitar kawasan Nongsa (Batam), ada generasi milenial kita sedang main bola. Terus kita bergabung dan bermain bola bersama mereka,” kata Andap Budhi menjawab suarasiber.com melalui sambungan telepon.

Jenderal berbintang dua, yang dilahirkan di Jakarta, 23 Juni 1966, menyebut mereka memang sering bermain bola bersama. Tak hanya membuat tubuh berkeringat dan sehat. Sehat dan bahagia.

“Bahagia itu sederhana,” ucapnya.  

Pria yang sudah menjabat Kapolda di tiga provinsi di Tanah Air ini, yakni di Provinsi Sultra, Provinsi Maluku, Provinsi Kepri ini memang humble dan selalu berbaur dengan semua lapisan masyarakat.

Kegemarannya bersepeda semakin memudahkannya berbaur dengan siapapun. Tanpa seremoni dan tanpa protokoler yang ketat.

Seperti yang terlihat jelas di video pendek laga sepak bola bersama generasi milenial di sekitar kawasan Nongsa. Tak ada jarak antara jenderal berbintang dua dengan generasi penerus bangsa.

Usai bermain bola dan berfoto bersama, kebahagiaan mereka semakin bertambah. Saat, Andap Budhi mentraktir generasi milenial itu dengan minuman pelepas dahaga.

Bahagia itu memang sederhana. Sebuah kalimat yang pendek dan singkat tapi bermakna sangat dalam.

Ada filosofi di dalamnya, bahwa seberat apapun tugas dan tanggung jawab, akan menjadi mudah jika dilaksanakan dengan kebahagiaan. (mat) 

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...