Satgas Pantau Bahan Pokok dan BBM di Kepri Selama Nataru

Loading...

BATAM (suarasiber) – Kebutuhan bahan pokok selama Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) untuk Provinsi Kepri dipantau oleh Satgas khusus. Hal ini untuk memastikan tak ada kelangkaan atau lonjakan harga.

Berdasarkan rilis yang dipimpin Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Harry Goldenhardt S, SIK MSi, MInggu (29/12/2019) Tim Satgas Pangan Polda Kepri melakukan pemantauan bersama instansi pemerintahan terkait.

Mereka ialah Dinas Perdagangan Provinsi Kepri serta kabupaten/kota, BPOM Kota Batam, Dinas Ketahanan Pangan; Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Kota Batam; Bulog serta Polres jajaran Polda Kepri.

“Pemantauan kami lakukan untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan bahan pokok dan ketersedian stok menjelang Nataru,” jelas Harry.

Sementara Dirreskrimsus Polda Kepri Kombes Pol Hanny Hidayat, SIK MH yang juga hadir dalam rilis ini mengatakan, pemantauan dilaksanakan secara langsung.

Ada persoalan tersendiri untuk stok kebutuhan bahan pokok di Kepri. Menurut Hanny, hal ini disebabkan Kepri bukan wilayah penghasil bahan pangan pokok. Sehingga masih membutuhkan pemasukan bahan pangan pokok dari wilayah lain seperti Jawa dan Sumatera.

“Proses distribusi butuh sarana transportasi, ketika cuaca buruk pengiriman bisa terlambat,” tutur Hanny.

Masyarakat diminta untuk tidak menimbun bahan pokok. Satgas akan melakukan pengecekan secara berkesinambungan bersama dengan instansi terkait. Sasarannya gudang-gudang sembako untuk mencegah adanya penumpukan barang sembako.

Perwakilan Disperindag Batam mengatakan, Pemko Batam melakukan evaluasi satu minggu dua kali turun ke lapangan untuk mengecek semua kebutuhan bahan pokok. Dipastikan kebutuhan pokok aman. Namun demikian, kendala cuaca harus tetap diantisipasi. Pemko Batam juga mengadakan pasar murah untuk menyeimbangi kebutuhan masyarakat.

Sementara kebutuhan BBM telah disiapkan ketersediaan stok di empat Terminal saat ini yaitu di daerah Kabil Batam, TBBM Kijang, TBBM Tanjung Uban dan Natuna.

Dan untuk Kuota BBM tahun 2020 PT. PSatgas Pantau Bahan POkok dan BBM di Kepri Selama Nataruertamina masih menunggu keputusan dari BPH Migas perihal Kuota BBM untuk Provinsi Kepri dan diperkirakan antara Januari sampai dengan Februari jumlah Kuota BBM sudah bisa diketahui.

Pertamina juga butuh bantuan dari Pihak Kepolisian dan Pemerintahan Kota Provinsi untuk mengawasi dan mencegah terjadinya penyalahgunaan dalam pendistribusian. (mat)

Loading...