Putera Lingga, Kepri, Jadi Dosen Teknik Fisika UGM

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Plt Gubernur Kepri, H Isdianto dan sejumlah pejabat Pemprov Kepri bersilaturahmi dengan masyarakat dan mahasiswa Kepri di Yogyakarta, di Asrama Mahasiswa Umbulharjo, Ahad (15/12/2019).

Pada kesempatan ini Isdianto bertatap muka dengan sejumlah tokoh masyarakat seperti pendidik serta aktivis mahasiswa asal Kepri. Di antaranya ialah Nazrul Effendy yang menjabat sebagai Wakil Ketua Ikatan Keluarga Masyarakat Kepri Yogyakarta.

Ternyata, Nazrul Effendy adalah dosen tetap di Univesitas Gadjah Mada (UGM). Saat silaturahmi itu, lelaki ini berharap dukungan nyata pemerintah agar para mahasiswa dan pelajar bisa terus eksis.

“Baik saat mereka masih menuntut ilmu, ataupun selepas mereka selesai. Karena suksesnya mereka, tak lepas dari dukungan pemerintah juga,” ujar Dosen UGM Jurusan Teknik Fisika ini.

Nazrul yang berasal dari Kabupaten Lingga ini juga meminta peran pemerintah Kepri untuk sering membangun komunikasi dengan masyarakat yang ada di perantauan.

“Karena dengan pertemuan tersebut, kita bisa ikut memberikan sumbangsih pemikiran bagi kemajuan Kepri,” kata Nazrul.

Dari laman dosen tetap Teknik Fisika UGM, suarasiber menemukan lebih banyak informasi tentang Nazrul Effendy. Ia meraih gelar B.Eng. di bidang Teknik Instrumentasi dan M. Eng. Degree dalam bidang Electrical Engineering dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 1998 dan 2001.

Sementara gelar PhD diperolehnya dari Universitas Chulalongkorn, Thailand dan Tokyo Institute of Technology, Jepang, pada 2009. Selama program PhD, Nasrul melakukan penelitian di Universitas Chulalongkorn, di Lab Furui, Tokyo Institute of Technology, Jepang.

Ia anggota International Speech Communication Association (ISCA) selama 2004-2006. Juga anggota Indonesia Society for Soft-Computing. Ia mengetuai Konferensi Ilmu Pengetahuan Terapan untuk Teknologi Inovasi (ASTECHNOVA) 2012 dan lokakarya 2014 Perhimpunan Fisika Teknik Indonesia.

Nazrul adalah pengulas Jurnal Teknik Forum (Forum Teknik), Science and Technology Journal (IPTEK) dan AGRITECH (Jurnal Teknologi Pertanian).

Minat penelitiannya meliputi instrumentasi, pengukuran, kontrol, pemrosesan dan pengenalan ucapan, pengenalan pola, kecerdasan buatan dan aplikasinya seperti di gedung hijau, reaktor nuklir, dan sebagainya. Di laman tersebut juga dicantumkan ia tertarik untuk belajar tentang kedokteran, psikologi dan manajemen.

Diosen UGM ini pengarang “Teknik Matematika I” (2013, dalam bahasa Indonesia) dan Co-Author dari “Computer Graphics menggunakan Borland C++ Builder Professional” (Grafika Komputer dengan Borland C++ Builder Professional) (Graha ilmu, 2010) (dalam bahasa Indonesia). (man)

Loading...