Menuju “Desa Surga”, Pemkab Bintan Gelar TKDG

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Untuk pertamakalinya warga desa di Kabupaten Bintan punya “panggung”. Panggung yang ditaja dengan tema Temu Karya Desa Gemilang (TKDG) I tahun 2019.

Sebuah kegiatan yang searah dengan visi Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar. Yang tengah menggalakkan visi Desa Surga.

Desa Surga, menurut Menteri Desa, adalah ruang hidup yang menempatkan warga sebagai subyek untuk berpartisipasi, merasakan hasil pembangunan, dan nyaman dalam kehidupan sehari-hari.

Event dari desa oleh desa untuk desa itu, sekaligus jadi ajang promosi potensi desa, yang disertai dengan berbagai lomba. Informasi yang diperoleh suarasiber.com, Desa Toapaya meraih juara umum lomba-lomba tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan di bawah koordinasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) ini, digelar di eks-lokasi MTQ Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan sejak pagi, Jumat (20/12/2019) hingga sekitar pukul 22.00 WIB.

Meski di “panggung” desa ini diselipkan seremonial peringatan Hari Ibu dan launching batik padi mas. Namun, kemeriahan acara dari desa oleh desa dan untuk desa ini tetap berlangsung meriah.

Lokasinya yang berada di tepi jalan lintas pariwisata, membuat sejumlah turis asing ikut datang ke lokasi acara.

Acara dibuka Bupati Bintan disaksikan Wabup Bintan dan ditutup Kadis PMD Ronny Kartika. Puluhan tenda untuk stand, tegak dan mengubah wajah lokasi acara menjadi hidup.

Stand itu tak cuma sebatas ruang pamer produk unggulan desa.

Mereka dinilai oleh panitia dari Dinas PMD, begitu juga dengan penampilan budaya warga desa di panggung di lomba budaya desa.

Dan, menjadi sarana untuk promosi berbagai produk hasil desa. Seperti hasil kerajinan dan kulinernya. Sebagaimana disampaikan Ronny Kartika, Kepala Dinas PMD Bintan kepada wartawan.

Puluhan stand juga jadi tempat para warga desa menampilkan beragam kemampuannya.

Ada sejumlah lomba yang digelar di event ini dan sekitar 36 desa se-Kabupaten Bintan. Di antaranya, lomba kuliner tradisional desa dan sejumlah lomba lainnya. (mat)

Loading...