Bidan di Kepri Harus Tingkatkan Kompetensi

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Bidan merupakan profesi yang mendapatkan perhatian dari pemerintah karena profesi dan keahliannya. Di Kepri, para bidan diminta terus meningkatkan kompetensi.

Ajakan ini disampaikan Plt Gubernur Kepri H Isdianto saat menghadiri Malam Keakraban Musyawarah Daerah ke-3 IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Provinsi Kepri bertempat di Ballroom Hotel Comforta, Tanjungpinang, Ahad (8/12/2019). Musda sendiri berlangsung 2 dan 8 Desember 2019 dan juga memilih Ketua dan Anggota Kepengurusan untuk periode 2018-2023.

Peningkatan kompetensi itu menurut Isdianto mutlak. Karena dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki maka kaum ibu dan anak-anaknya akan tetap sehat.

“Kita yakin dan percaya hal itu, tentu besar harapan kita kepada para bidan di Kepri untuk terus memberikan kontribusi yang maksimal bagi masyarakat,” kata Isdianto.

Menurut Isdianto, bidan itu sangat penting karena bagian dari kesehatan. Peranan bidan diharapkan mampu mengawal kaum ibu mulai dari hamil agar selalu sehat sampai melahirkan.

Sedanhgkan kepada pengurus IBI yang baru dilantik, pesa Isdianto agar mampu membawa dan membimbing yang lebih muda agar semakin profesional. Kepada pengurus lama Isdianto mengapresiasi atas sumbangsih yang telah diberikan selama ini.

Sementara itu, Ketua I Pengurus Pusat IBI Nuni Endang Sunarsih mengatakan Musda di Kepri merupakan yang ke 27 dari 34 provinsi se-Indonesia, Musda salah satu forum tertinggi dan tindak lanjut Kongres IBI Pusat tahun lalu.

“Ada beberapa agenda yang dibahas antara lain terkait anggaran rumah tangga, standar kompetensi, standar pelayanan, standar pendidikan dan kode etik. Terimakasih kepada seluruh panitia yang telah menyukseskan perhelatan Musda ini,” kata Nuni.

Diingatkan oleh Nuni, profesi ini sebagai salah satu garda terdepan di bidang kesehatan. Dan saat ini telah memiliki UU Kebidanannya tersendiri yang telah disahkan pada 13 Februari 2019 lalu tentang aspek kepastian hukum bidan dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Ia pun meminta kepada Pemprov Kepri agar berkenan membina dan mengawasi 3.000 bidan yang ada demi peningkatan kualitas pelayanan.

Di tempat yang sama, Ketua IBI Provinsi Kepri terpilih Hj Gusnawati mengucapkan terima kasih atas kesediaan Plt Gubernur beserta rombongan yang berkenan hadir dalam acara malam ini. Ia bersama kepengurusan baru akan serius dalam bekerja menjalankan organisasi itu.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Gubernur Maryani Ekowati, Kadis Kesehatan Tjetjep Yudiana, Kadis PP Misni, Kaban Kepegawaian Firdaus, Kabiro Kesra Aiyub beserta tamu undangan lainnya yang didominasi para bidan. (man)

Loading...