Kekurangan Gizi Kronis 1.000 Hari Pertama Kehidupan Bayi Akibatkan Stunting

Loading...

Suarasiber.com – Ketua TP PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar menyampaikan bahwa stunting pada anak balita merupakan dampak kekurangan gizi kronis selama 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK).

Gangguan perkembangan fisik anak ini tidak dapat diubah kembali (irreversible), dan akan menyebabkan penurunan kemampuan kognitif dan motorik serta penurunan performa kerja anak.

“Untuk itu saya mengingatkan bahwa dengan mengkonsumsi ikan merupakan salah satu bentuk pencegahan stunting dengan segala nutrisi yang dikandung ikan yang memiliki keunggulan dibanding sumber protein hewani lainnya” kata Ketua TP PKK Dewi saat meresmikan Kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemar Ikan) di Posyandu Anggur Desa Panggak Laut, Kabupaten Lingga, Kamis (24/6/2021).

Gemar Ikan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan TP PKK Kepri bekerja sama dengan Dinas Kelutan dan Perikanan Kepri dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 28 tingkat Provinsi Kepri.

Selain meresmikan Gemar Ikan, pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK Dewi juga menyuapkan bubur ikan kepada Balita, menyerahkan paket olahan ikan kepada ibu hamil, ibu menyusui, serta wanita usia subur, dan menempelkan stiker ke rumah warga sasaran pencegahan stunting serta memantau tumbuh kembang balita di Posyandu Durian Desa Panggak Laut. ***

Loading...