Jeff Bezos dan Bill Gates Berebut Posisi Orang Terkaya di Dunia

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Forbes, majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat yang didirikan pada 1917 menurunkan artikel tentang posisi orang terkaya di dunia. Apakah masih tetap dipegang pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezoz atau jatuh lagi ke tangan Co-Founder Microsoft, Bill Gates?

Mengutip majalah tersebut, harta Bezoz saat ini adalah US$ 109,6 miliar atau Rp1.534,4 triliun. Pundi-pundi keuangan pengusaha ini berkurang sekitar US$ 14 miliar atau Rp196 triliun karena harus membaginya dengan Mackenzie Bezoz, mantan istrinya.

Di satu sisi, kekayaan Gates mencapai US$ 106 miliar atau setara Rp1.484 triliun. Menurut Bloomberg, Gates memperoleh US$ 17 miliar atau Rp238 triliun per tahun. Di Microsoft, Gates memiliki 1 persn saham yang harganya naik 40 persen tahun ini.

Posisi Bezos terancam karena harga saham Amazon turun. Sebagian besar kekayaannya ada di saham Amazon. Ia memiliki sekitar 57 juta lembar saham atau sekitar 12 persen.

Pada hari Jumat kemarin, harga saham Amazon turun 2 persen setelah perusahaan melaporkan pendapatan kuartal III. Sehari sebelumnya, saham Amzon juga dikabarkan turun 9 persen.

Akibat kenyataan tersebut, kekayaan Bezoz turun sekitar US$ 3 miliar atau setara dengan Rp42 triliun, dengan asumsi per dolar Amerika nilainya Rp14.000. Jika penurunan ini terus terjadi bukan tak mungkin Gates akan kembali menempati posisi orang terkaya di dunia.(man)

Loading...