free page hit counter

Ini Anak Muda Usia 35 Tahun Jadi Menteri Kabinet Jokowi

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuktikan ucapannya, akan mengangkat anak muda sebagai menteri. Salah seorang di antaranya yang sudah dipanggil ke Istana Negara, Senin (21/10/2019), adalah Nadiem Makarim.

Nama lengkapnya Nadiem Anwar Makarim, yang saat ini dikenal sebagai bos besar Gojek. Sebuah perusahaan yang mampu mengubah kehidupan dengan sangat cepat. Dan, membuat banyak orang ikut sejahtera.

Perubahan itu tak hanya di Tanah Air, tapi di Asia Tenggara.

Perusahaan yang didirikannya tahun 2010 atau saat dia berusia 26 tahun itu, sekarang termasuk salah satu dedacorn terbesar di dunia.

Oya… dedacorn, adalah sebuah sebutan untuk startup yang sudah memiliki valuasi atau nilai minimal USD 10 miliar!

Sebelum merintis Gojek, dia punya jabatan tinggi di Zalora Indonesia sebagai cofounder, dan managing director sekitar tahun 2011. Dengan jabatan setinggi itu, Nadiem punya gaji yang wah.

Dia sudah punya zona nyaman di usia belia. Tapi zona itu ditinggalkannya, dan membuat perusahaan sendiri, Gojek. Perusahaan yang memberikannya zona nyaman baru.

Dan, ini pun akan ditinggalkan. Karena, dia sudah menerima tawaran menteri dari Presiden Jokowi.

Dari penelusuran melalui berbagai sumber, terungkap Nadiem dilahirkan di Singapura tanggal 4 Juli 1984. Dia adalah anak pasangan Nono Anwar Makarim, dan Atika Algadri.

Bapaknya termasuk pengacara terkenal, dan ibunya berprofesi sebagai penulis lepas.

Alumni pascasarjana dari Harvard Bussiness School dengan gelar MBA (Master of Business Administration), sudah merintis usaha sejak usia muda. Atau, setelah keluar masuk di sejumlah perusahaan.

Kemampuannya mengubah kehidupan dengan cepat, dan orang banyak ikut sejahtera membuat Nadiem disetarakan dengan Lee Kwan Yeuw, pendiri dan Presiden pertama Singapura.

Nadiem juga disetarakan dengan Presiden Republik Rakyat China Xi Jin Ping.

Penyetaraan, dan penghargaan atas prestasinya yang fenomenal itu diberikan oleh The Straits Times, sebagai Asian of The Year tahun 2016.

Dunia internasional sudah mengakui kredibilitas Nadiem. Kini, Presiden Jokowi pun menawarkan jabatan menteri walau usianya baru 35 tahun. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •