Pemkot Tanjungpinang Serahkan Penghargaan ke Siswa Berprestasi

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pemkot Tanjungpinang memberikan penghargaan kepada para siswa berprestasi saat pelaksanaan UN tingkat SD dan SMP yang disejalankan dengan cerdas cermat di SMKN 1 Tanjungpinang, Selasa (3/9/2019).

Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul SPd mengatakan, prestasi itu bisa kita capai dengan semangat yang tinggi dalam belajar, kerja keras serta adanya dukungan dari keluarga, sekolah dan guru.

Pemberian penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi tingkat SD, SMP diserahkan Syahrul. Reward ini sebagai upaya untuk mendorong agar pelajar lainnya bersemangat dan berprestasi dalam belajar.

“Para siswa-siswi berprestasi ini patut diberikan apresiasi, karena sudah membawa nama baik kota Tanjungpinang,” ucap Wali Kota

Untuk menghasilkan siswa berprestasi, lanjutnya, perlu ada sinergitas antara kepala sekolah dengan guru untuk meningkaykan mutu pendidikan di sekolah. Di samping itu, komunikasi efektif antara guru dan orangtua harus berjalan baik.

“Komunikasi yang baik akan menumbuhkan sikap saling percaya dan saling membantu antara orangtua dan guru dalam membimbing anak, sehingga bisa meningkatkan potensi dan bakat anak agar mencapai keberhasilan dalam belajar,” kata Wako yang berlatar belakang guru.

Menurut Syahrul, cerdas cermat penting sebagai motivasi pengembangan potensi siswa-siswi dalam bidang akademik. Ia berharap, ke depan lomba cerdas cermat dapat ditingkatkan lagi, misalnya tentang pedoman penghayatan dan pengamalan Pancasila (P4) atau empat pilar kebangsaan.

Untuk guru, Syahrul berpesan, “Seorang guru harus memiliki niat ikhlas dan tulus dalam proses belajar mengajar, supaya dengan ketulusan akan membekas makna yang mendalam pada diri murid-muridnya. Tentu, ini akan memacu semangat mereka untuk terus belajar lebih giat lagi.”

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Atmadinata menjelaskan kegiatan lomba cerdas cermat akan berlangsung selama 5 hari, mulai 3 – 7 September 2019 di Aula SMKN 1 Tanjungpinang. Kegiatan ini, diikuti oleh siswa-siswi tingkat SD sebanyak 60 regu dan SMP 29 regu, masing-masing regu terdiri dari 3 orang.

Sementara itu, lanjut Atmadinata, untuk penghargaan bagi peserta didik yang berhasil meraih prestasi nilai 10 dan nilai terbaik pada ujian nasional dan USBN tingkat SD, SMP, MTsN tahun ajaran 2018/2019, yaitu peraih nilai 10 pada UN sebanyak 14 orang peserta didik, nilai 10 pada USBN 4 orang. Sedangkan, siswa-siswi tingkat SD, SMP, MTsN dengan nilai terbaik masing-masing sebanyak 15 orang.

Kegiatan turut dihadiri, Asisten I Pemerintahan dan Kesra, Teguh Ahmad Syafari, para kepala OPD, kepala sekolah, guru, orangtua murid, dan ketua Dewan Pendidikan Kota Tanjungpinang, Zamzami A. Karim.(mat)

Loading...