free page hit counter

Menghilangkan Ketombe secara Alami, Pakai Cara Ini

SUARASIBER – Menghilangkan ketombe secara alami sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Sebab, ketombe tak hanya membuat kulit kepala gatal, dan tidak nyaman. Ketombe juga mengganggu penampilan, apalagi jika mengenakan baju hitam.

Serpihan-serpihan berwarna putih akan terlihat jelas bertebaran di kerah baju, dan bagian atas pakaian. Hingga kini belum ditemukan obat-obatan dari medis, yang benar-benar bisa menghilangkan ketombe.

Namun, ada banyak bahan di sekitar kita yang bisa untuk menghilangkan ketombe atau perawatan rambut. Apalagi, jika menggunakannya dengan disiplin, dan terus menerus.

Sebelum mengenal bahan alami untuk membasmi ketombe, baiknya kita lebih dulu mengetahui sebab musabab datangnya ketombe. Ketombe dikenal sebagai bagian kulit mati, yang mengelupas.

Saat kulit mati itu terkelupas ada rasa gatal yang membuat jari akan menggaruk. Saat itulah serpihan putih dari rambut bertebaran.

Penyebab Ketombe

shampo untuk menghilangkan ketombe
Foto – suarasiber

Penyebab ketombe ini, ada bermacam-macam. Namun, intinya pengelupasan kulit disebabkan oleh jamur. Ya. Jamur penyebab ketombe, yakni jamur pityriasis capitis. Dan, jamur malassezia globosa.

Jamur itu muncul di kepala karena beberapa sebab. Di antaranya karena kulit kepala yang kering, tapi bisa juga karena kulit kepala berminyak.

Selain itu, faktor kebersihan rambut juga ikut memicu tumbuhnya jamur penyebab ketombe. Di samping karena sejumlah faktor lainnya.

Setelah mengetahui sebab datangnya jamur, dan menjadi ketombe. Apapun itu, kita harus berupaya membasmi ketombe. Dan, dengan menggunakan bahan alami seperti di bawah ini.

Bahan Penghilang Ketombe

Cuka

Agak unik kedengarannya. Namun, faktanya cuka memang mampu membunuh jamur penyebab ketombe. Cuka dicampurkan dengan air, dan digunakan seperti memakai shampo. Tentu saja penggunaannya tidak boleh berlebihan. Dan, gunakan dengan hati-hati untuk penghilang ketombe.

Lidah buaya

Salah satu sudah dikenal luas sebagai tanaman dengan banyak khasiat. Termasuk, untuk rambut, dan salah satunya sebagai pencegah serta untuk menghilangkan ketombe secara alami.

cara mengatasi ketombe dan rambut rontok
Foto – suarasiber

Hal itu dimungkinkan karena tanaman ini punya banyak kandungan nutrisi. Yang bisa menyehatkan rambut. Sehingga, lidah buaya juga digunakan sebagai makanan konsumsi.

Minyak Kemiri

Kemiri dikenal luas sebagai salah satu rempah-rempah, yang banyak digunakan sejak masa lalu. Kandungan yang ada di dalamnya tak hanya untuk penyedap rasa.

Rempah-rempah ini banyak digunakan sebagai bahan baku produk kecantikan. Juga untuk bahan dasar beragam produk kesehatan. Di samping itu, kemiri juga sangat baik untuk rambut. Termasuk, untuk membasmi ketombe.

Minyak Oregano

Oregano dikenal juga sebagai minuman tea tree, dan memiliki khasiat antioksidan, yang mampu membunuh bakteri. Termasuk, membasmi jamur. Itu sebabnya minyak ini bisa digunakan untuk diminum, dan sekaligus mencegah serta menghilangkan ketombe secara alami.

Bawang Merah

Bawang merah dikenal luas sebagai bumbu penyedap masakan. Selain itu juga untuk kesehatan tubuh. Sejak masa lalu bawang merah digunakan untuk mengobati bayi atau anak-anak yang sakit perut.

Selain itu, para orang tua juga kerap menggunakan tumbukan bawang merah di kepala bayi, dan balita. Agar, rambut anaknya tumbuh subur. Selain itu, bawang merah juga ampuh untuk membasmi ketombe.

Minyak Kelapa

Khasiat minyak kelapa sebagai penyubur rambut sudah lama diketahui. Bukan hanya itu, minyak kelapa juga digunakan untuk mengilapkan rambut.

Sekaligus, untuk membunuh jamur penyebab ketombe yang membandel. Cukup dengan mengoleskan beberapa sendok makan minyak kelapa di kepala. Kemudian, didiamkan, dan setelah itu dicuci.

Daun Sirsak

Selain buahnya yang memiliki banyak khasiat, daun sirsak atau disebut juga durian belanda juga banyak manfaatnya. Salah satu manfaatnya yang sangat dikenal adalah sebagai pencegah, dan pengobat kanker.

Namun, selain itu remasan daun sirsak juga sangat ampuh membunuh kutu, dan jamur. Termasuk jamur di kepala yang memicu tumbuhnya ketombe.

Antijamur Alami

Ketombe muncul disebabkan oleh jamur, karenanya jamur harus dibasmi. Agar, ketombe tidak bermunculan di kepala. Pembasmian jamur penyebab ketombe bisa juga dilakukan dengan produk antijamur yang alami.

Baca Juga:

Khabib Nurmagomedov Dibayar Jutaan Dolar di UFC 242

Bagus Prasetyawan: Penambangan Ilegal Diancam 10 Tahun Penjara dan Denda Rp10 Miliar

SIPSS 2019 Lahirkan 4 Perwira Polisi Terbaik, Siapa Mereka?

Lemon

Bahan alami lainnya yang ampuh untuk memberantas ketombe adalah perasan buah lemon. Air remasan buah ini mampu membunuh jamur di kulit kepala. Agar, mendapatkan hasil terbaik bisa dilakukan berulang-ulang. Untuk menghilangkan ketombe secara alami.

Jeruk Nipis

Selain lemon, jeruk nipis yang punya kandungan banyak sekali vitamin, dan nutrisi lainnya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Jeruk nipis sebagai minuman sangat menyegarkan tubuh.

Sebagai penyubur rambut juga sudah sangat dikenal. Termasuk, untuk membasmi jamur penyebab ketombe juga sangat ampuh.

Minyak Zaitun

Sama seperti halnya jeruk nipis, minyak zaitun juga banyak sekali manfaatnya untuk tubuh. Minyak zaitun merupakan salah satu keajaiban dunia. Dan, salah satu manfaatnya, adalah untuk kesehatan rambut. Sekaligus, untuk menghilangkan ketombe.

Minyak Cedar

Minyak cedar atau acap disebut minyak kayu cedar memiliki sifat antiseptik. Sifatnya ini yang bermanfaat untuk membunuh jamur penyebab ketombe di kepala.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Oleskan dan remas minyak ini dirambut hingga ke akarnya. Kemudian, dibiarkan semalam sebelum dicuci bersih.

Minyak Almond

Salag satu bahan baku produk kecantikan yang banyak digunakan, adalah minyak almond atau almond oil. Beragam kandungan baik yang ada di minyak almond sangat bermanfaat untuk rambut.

Rambut bisa lebih lebih kuat, dan lebih berkilau. Tak hanya itu, minyak almond juga membuat rambut bebas dari ketombe yang membuat risau karena gatal. Sekaligus untuk cara mengatasi ketombe dan rambut rontok.

Garam

Selain sebagai penyedap, garam juga digunakan dan bermanfaat untuk membasmi ketombe. Caranya juga sangat sederhana, cukup dengan menggosokkan garam ke kulit kepala, dan rambut yang sudah dibasahi.

Selanjutnya, lakukan pijatan hingga ke kulit kepala. Biarkan selama beberapa menit, dan setelah itu dibilas dengan air bersih atau dengan shampo untuk menghilangkan ketombe.

Buah Mengkudu

penghilang ketombe
Foto – suarasiber

Buah mengkudu sudah dikenal memiliki banyak sekali khasiat, untuk kesehatan tubuh. Salah satunya, adalah untuk membasmi ketombe di rambut.

Sama seperti garam dapur, penggunaannya juga cukup mudah. Ambil buah mengkudu secukupnya, haluskan, dan balurkan di rambut hingga ke kulit kepala.

Akan lebih baik jika disertai pijatan ke kulit kepala. Setelah itu diamkan beberapa menit, dan dibilas dengan air bersih. Bisa juga dibersihkan dengan shampo.

Baking Soda

Terdengar unik, tapi faktanya baking soda memang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Penggunaannya juga tak pakai ribet. Cukup dengan menyampurkan sesendok makan baking soda dengan shampo.

Shampo yang biasa digunakan. Gunakan untuk keramas seperti biasa. Setelah itu diamkan beberapa menit, dan bilas dengan air bersih. Namun, seperti halnya garam dapur, penggunaan soda juga harus hati-hati, dan tidak terlalu sering digunakan.

Demikianlah beberapa bahan di sekitar kita, yang memiliki banyak manfaat. Termasuk, untuk menghilangkan ketombe secara alami. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •