free page hit counter

Merancang Dapur Sederhana? Perhatikan Hal Ini

dapur sederhana minimalis
Foto – youtube

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Dapur sederhana bisa diartikan minimalis, menjadi pilihan warga dengan ukuran rumah yang tidak terlalu luas. Meski demikian, dengan ukuran terbatas berbagai urusan dapur tetap bisa dilakukan.

Siap yang tak ingin memiliki dapur sederhana cantik? Bila kebetulan ada teman-teman sekantor datang, pasti akan menadi pusat perhatian. Bagaimana merancang dapur sederhana agar tidak mengurangi fungsi utamanya?

Zainal H, seorang desainer interior yang tinggal di Batam, Provinsi Kepri memberikan bocorannya untuk Anda. Menurut lelaki yang juga hobi menyanyi ini, ada beberapa hal penting yang tak boleh dilupakan saat merancang dapur.

“Jika teman kalian banyak, tak ada salahnya memanfaatkan meja bar di dapur,” ujar Zainal memberikan pencerahan saat memberikan keterangan, Senin (30/9/2019).

dapur sederhana kecil
Foto – youtube

Zainal mengatakan, untuk membuat tempat memasak nyaman tak harus mengelurkan banyak biaya. Untuk meja bar misalnya, bisa mencari di toko yang ukurannya bisa masuk.

Bagi pemilik dapur berukuran kecil, tetap bisa memanfaatkannya sebagai tempat ngumpul. Bisa denga menyiasati lewat pertemuan dua dinding sehingga membentyuk garis L. Bentuk ini lebih memaksimalkan ruang.

Selanjutnya, Anda harus tetap rajin menyapu. Bila memiliki pembantu pekerjaan ini sudah ditangani orang lain. Jika tidak, harus racin menyapunya agar tetap terlihat bersih.

“Ada sudut-sudut kecil yang harus dibersihkan dengan teliti,” imbuh Zainal.

Dapur sederhana murah bisa menjadi lebih nyaman karena bersih. Dibandingkan yang berukuran sangat luas namun jarang dibersihkan.

Keluar masuknya angin juga penting untuk diperhitungkan. Setidaknya saat memasak asap tidak mengepul yang justru menyesakkan. Pilihlah dinding yang memiliki jendela atau ventilasi yang cukup untuk tempat perputaran udara.

“Ini penting, lihat juga posisi rumah tetangga. Kalau rumah sederhana berbagai hal bisa menjadi masalah. Lebih baik pertimbangkan dari awal, dapur Anda akan dibuat di ruangan mana,” pesan Zainal.

Bila merancang dapur sederhana kecil, kata Zainal, bisa memanfaatkan rak dapur yang sudah jadi. Misalnya berbahan stainless steel. Jika semuanya dibuat, dari beton atau keramin contohnya, akan memakan biaya lebih besar.

Namun harus pintar-pintar menempatkannya, jangan sampai sudut-sudutnya tak simetris. Karena ukurannya terlalu kecil atau kebesaran.

dapur sederhana cantik
Foto – youtube

Tak kalah pentingnya ialah dinding dapur. Meski fungsinya tempat memasak, akan lebih bergairah jika dilengkapi hiasan. Hiasan bagus bukan harganya, melainkan pantas diletakkan dan menyatu.

Zainal sendiri sering mendapatkan order lukisan untuk dapur. Beragam ide ia coba konsultasikan dengan pemiliknya, sehingga lahir lukisan ikan, buah atau abstrak.

Sekilas bocoran, Zainal pun mempersilakan pemilik rumah untuk memasang pemanis lain seperti batu alam, keramik atau sebagainya di lantai atau sisi yang dianggap perlu.

Nah, beberapa hal sudah disampaikan Zainal untuk Anda. Saatnya merancang dan membangun dapur sederhana. (man)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •