free page hit counter

Lampu Hias Gantung untuk Ruang Tamu, Begini Cara Memilihnya

Loading...

Lampu Hias Gantung untuk Ruang Tamu Minimalis adalah sumber cahaya yang digunakan di rumah yang ukurannya tidak terlalu besar.

Meski Ansa menempati rumah yang ukurannya kecil, bukan berarti alat penerangan ini tidak dibutuhkan. Hanya saja memang diperlukan trik tersendiri agar ruangan menjadi lebih menyenangkan.

Salah memilihnya di ruang tamu rumah minimalis akan menghasilkan suasana yang kurang pas. Baik bagi Anda pemilik rumah yang setiap hari melihatnya.

Bahkan kesan kurang nyaman juga dirasakan oleh tamu di rumah Anda. Padahal mereka tidak setiap hari datang.

Penerangan yang bagus adalah lampu yang dapat digunakan dalam setiap situasi dan kondisi. Dengan demikian dapat memberi penerangan tahan lama dan terang benderang serta dapat memperindah ruangan dengan desain yang cantik dan menawan.

Lampu jenis ini biasanya terpasang secara menjuntai pada bagian plafon rumah sehingga menampilkan ruang yang cantik dan elegan.

Ia juga menciptakan kesan mewah karena sudah jelas bahwa penampilan yang cantik dalam rumah membuat kesan nyaman untuk penghuninya sehingga lebih betah di rumah. Umumnya ditempatkan di ruang tamu dan ruang keluarga.

Harga lampu hias gantung di Indonesia sendiri berkisar antara Rp100 ribuan hingga jutaan, bergantung pada model dan kerumitan lampu hias gantung tersebut.

Model Lampu Hias Gantung

Memilih modelnya yang sesuai untuk ruang tamu adalah sebuah keharusan. Mengapa demikian?

Jika Anda hanya merasa punya uang dan menganggap sesuatu yang mahal pasti bagus maka di situlah kesalahan awal terjadi.

Mungkin Anda belum memahami saat ini begitu banyak model lampu hias gantung di pasaran. Tanpa memilih, bisa saja tokonya memberikan pilihan yang tidak tepat.

Seyogyanya toko lampu juga memiliki ahli atau konsultan yang bisa Anda minta pendapat. Seperti pada toko batu alam, biasanya memiliki konsultan yang membantu calon pembeli menentukan pilihan.

Tetapi kalau ia tidak menyediakannya, maka Anda sendiri yang harus menentukan modelnya. Model lampu akan berpengaruh terjadap pencahayaan di ruang tamu rumah minimalis.

Anda juga harus menentukan jenis lampu dengan penerangan yang cukup untuk ruang tamu Anda.

Jangan sampai Anda memilih model lampu hias gantung yang kecil dengan penerangan yang kurang cukup, padahal ruang tamu Anda cukup besar.

Jangan pula sebaliknya, Anda memilih lampu yang besar padahal raung tamu Anda kecil. Tentu, Anda harus memperhatikan hal-hal dalam membeli model lampu hias gantung untuk ruang tamu Anda.

Tips Memilih Lampu Hias Gantung

lampu-hias-gantung-2

Bagi Anda pemilik rumah minimalis yang ingin membeli lampu hias gantung, ada baiknya membaca kelanjutan artikel ini.

Sesuaikan dengan Interior

Anda pasti memiliki salah satu gaya mendesain ruang tamu di rumah minimalis bukan? Entah itu bergaya Eropa, tradisional, campuran atau yang lain.

Dengan mengetahui interior yang Anda pajang di ruang tamu, langkah selanjutnya tinggal model yang sesuai.

Misalnya interior ruang tamu Anda klasik justru dipasang lampu hias gantung yang modern. Demikian juga sebaliknya.

Perhatikan Warnanya

Pilihlah warna yang memungkinkan cocok untuk ruang tamu Anda. Jangan sampai Anda memilih warna lampu yang tidak sesuai dengan warna cat ruang tamu Anda.
Sering kita dapati lampu hias yang memiliki warna yang berbeda dengan warna yang dihasilkan.

Cermati Ukurannya

Ukuran lampu hias gantung memang perlu diperhatikan ketika Anda membeli lampu hias.

Ukuran yang terlalu besar untuk runag tamu yang sempit atau ukuran yang besar untuk ruangan yang sempit merupakan sebuah kesalahan dalam memilih ukuran dan model lampu hias gantung.

Kekuatan Cahaya

Efek cahaya yang dihasilkan oleh lampu tentu memiliki perbedaan pada setiap lampu hias. Cahaya yang dihasilkan harus sesuai dengan tema ruang tamu Anda.

Tentunya, terdapat lampu hias dengan efek cahaya yang soft, glow, atau sorot cahaya yang cukup kuat. Nah, dengan mempertimbangkan efek cahaya yang dihasilkan saat membeli model lampu hias gantung, Anda dapat menghindarkan diri dari salah memilih.

Tinggi Langit-langit

Saat memilih lampu gantung, Anda juga perlu memastikan ukuran tinggi, tata letak dan tujuan pemasangannya.

Seberapa tingginya langit-langit, yang penting tidak lebih tinggi daripada sepertiga tinggi ruangan.

Sebab jika plafon terlalu tinggi dan lampu gantung dipasang terlalu tinggi, maka lampu tidak akan menyebarkan cahaya yang merata ke seluruh ruangan.

Sebaiknya gunakan ketinggian kurang lebih 30 cm dari atas kepala.

Kehematan Listrik

Selain mempertimbangkan keindahan dan juga pola yang ada di dalam lampu gantung yang terpasang, anda juga wajib mempertimbangkan faktor kehematan listrik dari kombinasi semua lampu yang ada dalam lampu gantung tersebut.

Dengan membaca urian di atas maka dapat disimpulkan lampu hias gantung sebaiknya disesuaikan dengan luas atau ukuran ruangan Anda.

Apabila ruang tamu Anda memiliki luasan yang terbatas, pilih lampu gantung dengan model sederhana dan ukuran yang tidak terlalu besar.

Sebaliknya jika ruangan Anda luas, Anda bisa menggunakan lampu gantung berukuran besar dengan desain lampu yang unik.

Jadikan lampu gantung Anda sebagai salah satu aksen ruangan untuk membuat ruang tamu Anda terlihat lebih menarik.

Besar lampu gantung sebaiknya tidak lebih dari 20 – 30 persen dari keseluruhan ruangan. Ketinggian pemasangan lampu juga harus diperhatikan dengan seksama.

Sesuaikan tinggi plafon dengan lampu yang akan Anda pasang. Bila plafon terlalu tinggi dan lampu gantung pendek atau dipasang terlalu tinggi, maka lampu tidak akan menyebarkan cahaya yang merata ke seluruh ruangan. Fungsi lampu gantung juga tidak akan terasa.

Jika plafon di rumah Anda rendah, lampu yang terlalu panjang juga dapat mengganggu kenyamanan dan berbahaya bagi Anda. Ketinggiannya sebaiknya 30 cm dari atas kepala Anda.

Pastikan pula pencahayaan yang dihasilkan oleh lampu gantung tersebut cukup untuk menerangi seluruh ruang tamu Anda.

Pentingnya Lampu Hias di Rumah Tamu

Rumah yang bagus dan nyaman pasti didukung dengan interior yang ada di dalam ruangan dan juga eksterior yang menghias bagian luar rumah.

Salah satu interior yang banyak dipertimbangkan dan digunakan oleh para pemilik rumah adalah lampu. Benda ini akan mempercantik ruangan, apalagi ruang tamu yang setiap hari akan dilihat oleh orang ataupun tamu.

Ruang tamu yang sudah tertata dengan rapi akan terlihat begitu mewah dan megah ketika sudah ditambah dengan hiasan dari lampu gantung.

Salah satu ruangan dalam rumah yang memerlukan perhatian ekstra dalam penataannya adalah ruang tamu. Karena ruang tamu merupakan ruang yang digunakan untuk menerima tamu.

Ketika ruang tamu terlihat bersih dan rapi tentu saja dapat membuat para tamu merasa betah berlama-lama bermain di rumah Anda.

Anda bisa memilih lampu hias gantung berbahan kaca, stainless steel, plastik, kristal hingga dari bahan-bahan alami seperti daun, rotan dan lainnya.

Demikianlah artikel tentang lampu hias gantung, semoga bermanfaat bagi Anda pemilik ruang tamu minimalis. (man)

Loading...