250 Relawan Muda Anti Korupsi Bertekad Berantas Narkoba di Tanjungpinang, Kepri

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pemko Tanjungpinang, Kemenpora RI dan Gema Desantara membentuk Kelompok Pemuda Anti Narkoba (Kopan) di Asrama Haji Tanjungpinang, Ahad (25/8/2019).

Ada 250-an relawan muda yang dilatih untuk mendukung upaya pemerintah dalam pemberantasan dan penanggulangan bahaya narkoba.

Wali Kota Tanjung Pinang, Syahrul telah memerintahkan semua dinas menggiatkan kampanye anti narkoba di masyarakat. Ia optimis, jika anak-anak muda terbebas dari Narkoba, dapat diandalkan untuk menjadi ujung tombak pembangunan di Kota Tanjung Pinang.

Sementara Asdep Bidang Kepemudaan Kemenko PMK RI, Alfredo Sani Fenat mengatakan bahwa pemerintah pusat serius dalam upaya penanggulangan bahaya Narkoba, terutama di kalangan pemuda.

Hingga 2019, Kemenpora RI telah membantk Kader Pemuda Anti Narkoba di 14 provinsi. Ini terus berlanjut di tahun tahun berikutnya. Alfredo mengapresiasi anak muda Tanjungpinang dengan mengatakan, “Kalau anak mudanya semangat begini, saya yakin ke depan Kota Tanjung Pinang ini akan memiliki SDM yang unggul, sehingga dapat membawa kemajuan.”

Pada kesempatan yang sama, Hanny Hendrany, selaku Presnas Forum Organisasi Kemasyarakatan Anti Narkoba (FOKAN) mendorong para uda untuk aktif terlibat di berbagai organisasi anti narkoba. Gunanya agar bisa berintegrasi dengan program pemerintah.

Namun semuanya itu membutuhkan dukungan pemerintah. Hal ini disampaikan Arifin Majid selaku Asdep Bidang Peningkatan Wawasan Pemuda Kemenpora RI. Pemerintah pusat hanya mengawali, selanjutnya Pemda yang harus lebih aktif menggiatkan peran pemuda.

Kehadiran Fokan menambah jumlah relawan muda anti narkoba di Tanjungpinang, Menurut Kadispora Tanjungpinang, Djasman, sebelum Fokan Pemko Tanjungpinang sudah memiliki Forum Pemuda Anti Narkoba.

Harapan positif juga disampaikan Sekjend Gema Desantara, Asep SB Ali dan Ketua Umum Dewan Koordinator Nasional Gema Desantara. Intinya keduanya meminta para kader aktif berperan dalam upaya pencegahan narkoba. (man)

Loading...