Ramadan, Pendaftaran Rawat Jalan Oline RSUD Kepri Hanya Satu Jam

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Tabib Provinsi Kepri memiliki fasilitas pendaftaran pasien rawat jalan melalui aplikasi WhatsApp (WA). Penggunaan teknologi ini bisa memangkas waktu pasien.

Caranya mudah, pertama pasien atau keluarga pasien harus mendaftarkan nomor ponselnya ke sistem. Cukup menuliskan WA dengan format Nama Pasien/Nomor RM. Contohnya Syarip Hidayat/06-38-92.

Untuk mengetahui Nomor RM, sebelumnya pasien harus mendaftarkan diri ke bagian pelayanan Rawat Jalan untuk mendapatkan Kartu Pasien. Di kartu inilah dicantumkan Nomor RM untuk mendaftar online via WA.

Para pasien rawat jalan yang mendaftarkan diri lewat WA sedang diverifikasi berkasnya. Hanya butuh waktu beberapa menit, pasien dipersilakan langsung ke poliklinik. Berkas pendaftaran akan diurus para petugas. F-man

Tunggu balasan dari operator. Jika nomor pasien sudah terdaftar, saatnya menggunakan layanan rawat jalan online.

Tulis pesan berisi pendaftaran dengan format Daftar/Nama/Nomor RM/Poliklinik Tujuan/Jaminan (Pribadi/Asuransi). Lalu dikirimkan ke SMS Centre RSUD di 081270706603.

jangan lupa sertakan foto surat rekomendasi dokter, surat kontrol atau resume medis. Untuk pasien BPJS kirimkan juga foto
kartu BPJS, untuk pasien pribadi foto kartu identitas.

Operator akan mengirimkan balasan yang isinya pendaftaran sedang diproses. Itu artinya berkas Anda sedang dipersiapkan tanpa Anda harus datang ke rumah sakit. Tunggu saja, tak lama kemudian pasien akan menerima konfirmasi dari RS yang menyatakan pendaftaran berhasil dilaksanakan.

Sudah, pasien tinggal datang ke RS dan menuju bagian pelayanan rawat inap, yang menggunakan BPJS ke meja BPJS untuk verifikasi berkas yang sebelumnya sudah difoto untuk dikirimkan. Petugas akan melakukan pengecekan, jika sudah tersimpan di sistem pasien tinggal menuju ke poliklinik yang dituju.

Di Poliklinik, silakan ditunggu nanti nama pasien akan dipanggil untuk penanganan medis. F-man

Pada bagian inilah pasien yang daftar menggunakan WA mendapatkan efisiensi waktu. Jika mendaftar secara konvensional pasien harus ikut antre untuk mendapatkan berkas ke poliklinik. Harus menunggu satu per satu untuk dipanggil.

Sementara jika menggunakan pendaftaran online via WA, begitu pendaftaran dikonfirmasi sukses, tidak perlu antre ramai-ramai, langsung saja ke poliklinik. Berkas akan diurus oleh pihak RS.

“Sebenarnya lebih enak, cepat, kalau daftar pakai WA,” tutur seorang petugas di meja pelayanan rawat inap.

Kemudahan mendaftar rawat jalan online juga dibenarkan Rini, pegawai sebuah kantor pemerintah di Bintan yang ditemui saat kontrol anaknya.

Informasi dari pihak RSUD Raja Ahmad Tabib ke suarasiber melalui WA, khusus Ramadan pendaftarahn rawat jalan online hanya dilayani pada pukul 07.00 sampai 08.00 WIB.

“Setelah Ramadan akan kembali ke jam biasa, yakni 06.00 sampai 08.00 WIB,” jawabnya seperti tertera dalam WA. (mat)

Loading...