Jadwal MotoGP 2019 Spanyol, Sengit hingga Finish

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Jadwal MotoGP 2019 seri keempat dari 19 seri akan digelar di Sirkuit De Jerez Spanyol, Minggu (5/5/2019). Di kelas MotoGP yang dijadwal mulai digelar pukul 19.00 WIB, diprediksi bakal berlangsung seru, sengit, dan panas.

Karena gelar juara di tiga seri sebelumnya terbagi rata di tiga pebalap, Dovioso, Marquez dan Alex Rins. Dan, di sirkuit ini ada banyak pemenangnya.

Berbeda dengan seri ketiga di Amerika yang didominasi Marquez. Di sirkuit De Jerez ini tidak ada pebalap yang dominan menjadi juaranya. Selama 10 tahun terakhir daftar juaranya terbagi pada beberapa pebalap.

di jadwal motogp 2019 de jerez, bagaimana penampilan rossi
The Doctor juga pasti tak akan membiarkan kesempatan menjadi yang terbaik di De Jerez, Spanyol. Foto – motogp.com

Jorge Lorenzo, Marquez, Rossi, Pedrosa hingga Casey Stoner pernah jadi juara di sirkuit ini yang di jadwal MotoGP 2019, akan berlangsung, Minggu (5/5/2019)

Tahun 2018 lalu, Marquez yang menjadi kampiunnya. Itu gelar keduanya setelah di tahun 2014.

Kini, Marquez yang kini berada di posisi keempat klasemen pebalap bertekad mengulang lagi juara di sirkuit ini. Kehilangan poin di seri ketiga di Amerika Serikat, akibat tejatuh sendiri saat tengah memimpin, menambah motivasinya.

Kegagalan meraih poin itu yang membuatnya terlempar ke posisi empat klasemen sementara. Marquez bahkan disalip pebalap Suzuki, Alex Rins yang ada di posisi ketiga.

Posisi kedua diklaim Rossi, dan seteru kuat Marquez, Dovioso di posisi pertama. Dovizioso. Urutan 4 besar klasemen sementara sebagai berikut:

  1. Andrea Dovioso (Ducati) 54 poin
  2. Valentino Rossi (Yamaha) 51 poin
  3. Alex Rins (Suzuki) 49 poin
  4. Marc Marquez (Honda) 45 poin.

Rivalitas Ketat Para Juara Dunia MotoGP

Dengan jarak antara pemuncak dan keempat hanya 9 poin, balapan di sirkuit De Jerez, penuh rivalitas ketat. Tak cuma antara Marquez dengan Dovioso. Tapi juga dengan Rossi, yang ada di posisi kedua klasemen.

Namun, Rossi belum pernah menjadi juara di tiga seri sebelumnya tahun 2016, dan 2009. Rossi yang pernah menjadi juara di sirkuit ini, bertekad untuk mengulangi lagi prestasinya itu.

Tak berbeda dengan Dovioso, pebalap Ducati ini juga lebih termotivasi menjuarai sirkuit ini yang panjangnya sekitar 4.428 km (2.751 mil) ini, yang di jadwal MotoGP 2019 dilaksanakan akhir pekan ini.

Pasalnya, meski ada di puncak klasemen. Tapi, Dovioso belum pernah menjadi pemenang di sini selama 10 tahun terakhir.

Pebalap lain yang punya motivasi kuat di sini, adalah Jorge Lorenzo yang kini menunggangi motor Repsol Honda. Pebalap berpaspor Spanyol ini sudah tiga kali jadi juara di sini, tahun 2010, 2012 dan 2015.

Sepanjang tiga seri di tahun 2019 ini, belum sekalipun Lorenzo naik podium apalagi jadi juara. Padahal dia juga pemegang juara dunia 3 kali, 2010, 2012 dan 2015.

Jadwal MotoGP 2019 dan Pembuktian Lorenzo

Jadwal MotoGP 2019 di Sirkuit De Jerez akan menjadi ajang pembuktian Lorenzo. Bukti bahwa dia termasuk pebalap tangguh, dan mantan juara dunia. Bukti, dia sudah mulai menyatu dengan motor Honda.

Lorenzo memang tampak kesulitan menyesuaikan diri dengan sepeda motornya yang baru ini. Dia bahkan sempat salah tekan tombol.

Di Jerez yang dilangsungkan sesuai jadwal MotoGP 2019 akhir pekan ini, rekan setim Marquez ini akan membuktikan kepiawaiannya membalap.

Pebalap lain yang juga punya mental kuat bersaing di sini, adalah Alex Rins. Pebalap berkewarganegaraan Spanyol yang baru mengaspal tahun 2017 ini, mampu berduel dan menang melawan Valentino Rossi di sirkuit Amerika Serikat.

Menunggangi motor Suzuki, Rins yang berusia 23 tahun ini, yakin bisa menang di rumahnya sendiri, sirkuit De Jerez, Spanyol akhir pekan nanti di jadwal MotoGP 2019. (mat)

Loading...