Hari Ini April Mop atau April Fools Day, Berita Diragukan, Bencana Dikira Guyonan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Hari ini tanggal 1 April 2019. Tahukah Anda bahwa 1 April ada kebiasaan untuk memeringatinya sebagai April Mop atau April Fools Day. Banyak orang melakukan beragam cara yang intinya membuat lelucon.

Banyak warga negara di dunia ini yang masih mempertahankan April Mop, bedanya hanya soal lama waktunya boleh dikerjakan atau tidak.

Warga negara seperti Kanada, Italia, Belanda, Amerika Serikat, Irlandia, Perancis bebas melakukan lelucon sepanjang hari. Namun di Afrika, Australia dan Inggris lelucon hanya boleh dilakukan sebelum siang.

Karena zaman sudah digital, April Mop pun sering dilakukan melalui internet. Efeknya, bagi mereka yang meyakini April Mop adalah hari penuh tipuan, berita-berita di media online bisa-bisa tidak dibaca. Atau bahkan SMA, WhatsApp dan medsos lain. Karena memang ada jahil yang luara biasa di setiap 1 April.

Dilansir dari laman India.com, kali ini suarasiber mengangkat fakta tersembunyi April Mop.

1. Catatan paling awal yang ditemukan ada kaitannya dengan April Mop ditulis oleh Geoffrey Chaucer berasal dari Canterbury Stories (1387 – 1400).

2. Pada 1 April 1946, gempa bumi dan tsunami dahsyat melanda Hawaii dan menewaskan 165 orang penduduk. Karena kejadian itu pada 1 April, sebagian besar korban tewas diakibatkan mereka tidak percaya terhadap peringatan cuaca dan menganggapnya sebagai tipuan semata.

3. Pada akhir 1980-an, sebuah program televisi Inggris menayangkan berita tiupan tentang Chippy yang disebut tipe baru walkman yang dapat menyimpan ratusan lagu di dalam sebuah microchip. Pada tahun ini juga BBC melaporkan jam besar Big Ben yang ikonik akan mengalami transformasi drastis dan berubah menjadi digital.

4. April Mop 2009 lalu, sebuah situs perjalanan Expedia menawarkan tiket penerbangan eksklusif ke planet Mars.

5. Menurut sebuah survei, 32 persen pekerja mengatakan, mereka pernah membuat atau menerima tipuan tentang pulang cepat pada April Mop.

6. Di sejumlah daerah di Belgia anak-anak menunjukkan sisi keras kepala mereka dengan mengunci orang tua dan guru mereka di luar rumah atau kelas. Guru atau orang tua akan dibiarkan masuk jika memberikan camilan atau hadiah.

7. April Mop juga kadang kelewatan. Seperti sebuah televisi Belanda menayangkan berita tentang Menara Pisa yang runtuh. Alhasil, telepon studio televisi ini tak berhenti berdering menanyakan kabar tersebut. (mat)

Loading...