PT Pos Gratiskan Biaya Pengiriman Buku Setiap Tanggal 17

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sebagai bentuk wujud nyata dari gerakan BUMN Hadir untuk Negeri, PT Pos Indonesia menggratiskan pengiriman buku setiap tanggal 17. Program ini diharapkan bisa memperlancar distribusi buku dari kota ke desa, khususnya ke daerah terpencil. Ujungnya meningkatkan minat baca anak-anak.

Infromasi yang dikirimkan PT Pos Indonesia Tanjungpinang kepada susrasiber.com, Senin (17/12/2018), ada beberapa syarat yang harus diperhatikan agar pengiriman buku gratis bisa diterima pihak PT Pos.

Pertama, pengiriman buku bebas biaya hanya bisa dilakukan di Kantor Pos. Sedangkan Agen Pos belum menyediakan layanan serupa. Kedua, berat buku yang bisa dikirimkan per orang maksimal 10 kilogram. Ketiga, alamat pengiriman buku gratis ongkir adalah aktivis literasi di seluruh Indonesia, pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan perpustakan sekolah.

Syarat berikutnya, layanan ini hanya diberlakukan setiap tanggal 17 setiap bulan. Daftar alamat yang bisa dikirimi buku tanpa ongkos kirim ini selalu diupdate setiap waktu. Untuk tanggal 17 Desember hari ini, alamat-alamatnya dapat dilihat pada website resmi PT Pos.

Program ini mulai dicanangkan 20 Mei 2017 lalu. Selanjutnya diberlakukan setiap tanggal 17. Peran Pos Indonesia melalui program kirim buku bebas biaya diharapkan bisa menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap buku.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pernah berjanji akan menggratiskan biaya pengiriman buku setiap bulan melalui PT Pos Indonesia. Hal itu disampaikan di depan para pegiat literasi saat bertatap muka di Istana Negara, Jakarta, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada Selasa (2/5/2017) lalu.(mat)

Loading...