free page hit counter

Panduan Menentukan Warna Cat Ruang Tamu Tahun 2019

Cat ruang tamu, sepertinya hanya pergi ke toko cat, nyuruh tukang, jadi. Padahal, bagi pemilik rumah, keberadaan ruang tamu pasti diupayakan agar nyaman. Karena ruangan ini sejatinya etalase yang bisa dilihat tamu saat pertama kali masuk ke rumah Anda.

Bila pengecatan dinding ruang tamu dikerjakan asal-asalan, kesan yang muncul pun tak tampak. Apalagi tanpa konsep, bisa-bisa tujuan Anda menjadikan etalase utama gagal total.

Memang benar, mengelola ruang tamu sebenarnya susah susah mudah. Apalagi bagi rumah ukuran kecil atau minimalis. Di ruang yang sempit, harus pintar berkelit. Selain penempatan perabot biar tak tampak menyesak, pencahayaan juga turut mempengaruhinya.

Cara paling sederhana ialah menghindari penggunaan warna yang gelap. Warna jenis ini akan menyerap cahaya yang seharusnya masuk ke rumah. Disarankan gunakan warna cerah karena dapat memberikan kesan lapang dan dapat memancarkan cahaya di ruangan.

Berikut warna cat yang disarankan untuk ruang tamu Anda:

1. Warna Putih

Karakter warna putih ialah netral. Kesannya bersih dan mudah dipadupadankan dengan warna lain. Putih membawa suasana ceria bahkan meningkatkan mood. Tak salah jika warna ini menjadi favorit untuk menyamarkan ruang tamu yang sempit agar terkesan lapang.

2. Warna Merah

Pasti banyak yang berpikir untuk menggunakan warna ini untuk cat dinding ruang tamu. Sebab sekilas merah itu garang dan panas. Memang benar, namun merah juga mengesankan elegan dan modern. Ia mampu mengidupkan suasana ruang tamu.

Baca dan pahami karakter jiwa Anda. Jika Anda termasuk golongan orang yang bergaya, pilihan warna merah bisa dicoba. Warna merah memberikan pengaruh dinamis, aktif, penuh semangat dan bertenaga. Namun jika diaplikasikan berlebihan maka akan menimbulkan kesan kemarahan dan penuh ambisi.

3. Warna ungu

Nah ini nih salah satu warna yang masih menyandang predikat warna elegan. Elagan jangan diartikan dengan kayam melainkan lebih ke kesan hangat dan bersahabat.

Bisa dibayangkan bila tamu yang ngobrol di ruang tamu Anda bersemangat dan menciptakan komunikasi yang hangat dua arah. Meski sudah lama berbincang tak terasa sudah sekian lama waktu berjalan.

4. Warna Biru

Pemilik rumah yang menginginkan tamunya merasa lembut dan nyaman, pilihan warna biru bisa diaplikasikan ke dinding. Biru identik dengan ketenangan, kesejukan dan santai.

Bahkan dari filosofisnya, Warna biru memberikan kesamaan dengan laut dan langit yang berkesan damai, tenang, sunyi, dan nyaman. Biru tua atau muda bisa disesuaikan dengan tingkat kesan lembut yang Anda inginkan.

5. Warna Hijau

Mungkin Anda sangat familiar dengan istilah go green. Sesuatu yang belakangan konsepnya kembali ke alam. Jika ini yang Anda cari, gunakan warna cat dinding ruang tamu dengan warna hijau.

Warna hijau berkesan natural. Mampu memberikan suasana alami, sejuk, serta menciptakan suasana yang harmonis, menenangkan sekaligus menyegarkan. Tak ada salahnya jika menkombinasikannya dengan warna terang lain untuk menguatkan asri dan sejuk.

6. Warna abu-abu

Selain ungu, warna abu-abu juga banyak diyakini memiliki kekuatan untuk menampilkan kesan elegan. Campuran antara warna hitam dan putih ini kerap kali digunakan sebagai penyeimbang atau menetralkan.

Namun hati-hati, penggunaan warna abu-abu yang berlebihan memunculkan kesan cepat membosankan. Bahkan dari filosofi warna, abu-abu bisa memberikan kesan negatif akan muncul seperti kurang percaya diri, kurang energi bahkan depresi. (man)

Bagikan berita
  • 49
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •