440 Sapi Dipersiapkan untuk Kurban di Bintan

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Pemkab Bintan menjamin ketersediaan stok sapi untuk kebutuhan Haria Raya Idul Adha tahun ini. Data Dinas Pertanian menyebutkan, 440 ekor sapi telah dipersiapkan, dengan kondisi aman dikonsumsi.

Jumlah tersebut diperoleh per 20 Juli 2018, tersebar di 6 kecamatan. Sebagai perbandingan, Hari Raya Idul Adha tahun lalu hanya 243 ekor sapi yang dikurbankan.

“Biasanya kebutuhan akan meningkat menjelang Hari Raya Idul Adha. Tetapi melihat kondisi, tidak akan ada persoalan atau kendala, karena suplai hewan kurban sudah tercukupi,” jelas Bupati Bintan, Apri Sujadi, Rabu (25/7/2018) pagi.

Terkait stok sapi aman juga disampaikan Kadis Pertanian Bintan, Supriyono, dengan menjelaskan tim yang bertugas sudah menyisir ke lapangan guna pengecekan dan pemeriksaan sapi.

Hingga 20 Juli 2018 sudah enam kecamatan yang ditelusuri yaitu Kecamatan Bintan Utara, Bintan Timur, Telok Sebong, Toapaya, Teluk Bintan dan Gunung Kijang.

Sedangkan sisa 4 kecamatan lainnya, yakni Kecamatan Bintan Pesisir, Mantang , Tambelan dan Sri Kuala Lobam sedang dalam proses penelusuran dan pengumpulan data.

Bahkan menurutnya, info dari peternak dan para pedagang hewan ternak, jumlah tersebut juga akan terus bertambah menjelang pelaksanaan kurban.

Pengawasan kesehatan hewan kurban difokuskan pada pemberantasan penyakit parasiter (kecacingan), BVD (bovine viral dearhea) dan antisipasi jembrana pada sapi Bali. Bila ditemukan indikasi sakit, tidak akan diberikan surat keterangan layak dan sehat.

Berikut stok sapi di enam kecamatan yang telah dilakukan pelayanan kesehatan hewan Dinas Pertanian Kabupaten Bintan:

1. Kecamatan Bintan Utara 63 ekor
2. Kecamatan Bintan Timur 124 ekor
3. Kecamatan Teluk Sebong 71 ekor
4. Kecamatan Teluk Bintan 42 ekor
5. Kecamatan Toapaya 104 ekor
6. Kecamatan Gunung Kijang 36 ekor. (mat)

Loading...