Tindaklanjuti Instruksi Presiden, Rahma Akan Maksimalkan Penggunaan Produk Lokal

Loading...

Suarasiber.com – Presiden Joko Widodo mengundang kepala daerah se-Indonesia untuk mendengarkan arahan soal inflasi daerah dan penggunaan produk lokal di Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Salah satu kepala daerah yang hadir ialah Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma SIP. Usai mengikuti kegiatan tersebut, Rahma akan berupaya melaksanakan arahyan tersebut.

“Terkait inflasi, Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID terus memantau perkembangan melalui rapat koordinasi rutin setiap bulannya bersama seluruh tim dan terus melakukan pantauan ketersediaan barang kebutuhan,” terangnya.

Terkait arahan Presiden Jokowi agar Pemda mengurangi pengadaan barang impor dan mendorong penggunaan barang-barang dalam negeri melalui mekanisme pengadaan barang, dijelaskan juga oleh Rahma.

Menurutnya, Pemkot Tanjungpinang telah melakukan berbagai upaya atau tindak lanjut dengan memerintahkan seluruh OPD mendukung percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi.

Tujuannya untuk menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Selain itu juga terus memaksimalkan penggunaan produk lokal.

Ditambahkannya, hal ini sejalan dengan realisasi percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi untuk Kota Tanjungpinang. “Sesuai data pada Aplikasi Siera BPKP tanggal 26 September 2022, nilai realisasi P3DN Kota Tanjungpinang adalah sebesar 54, 65%,” sambungnya.

Sejalan dengan jumlah katalog elektronik lokal Kota Tanjungpinang, sampai dengan saat ini sudah terdapat 14 etalase produk dengan jumlah penyedia sebanyak 14 penyedia, serta produk yang sudah ditayangkan sebanyak 461 jenis produk. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...