Alumni IPB dan Pemprov Kepri Kerja Sama Kembangkan Sorgum di Bintan

Loading...

Suarasiber.com – Ketua Himpunan Alumni (HA) Institut Pertanian Bogor (IPB) Provinsi Kepri, Rika Azmi meninjau perkebunan sorgum di Toapaya, Bintan, Jumat (12/8/2022).

Rika didampingi Wakil Sekjen HA IPB Kepri Arga Permadi, dan pengurus HA IPB, Kartini.

Kunjungan ini untuk menyiapkan pengembangan kebun sorgum.

“Kita ada kerja sama dengan Pemprov Kepri dan Pemkab Bintan, tentang pelaksanaan program One Village One CEO (OVOC). Salah satunya pengembangan sorgum,” terang Rika, dalam keterangan tertulis yang diterima suarasiber.com.

Bentuk kerja samanya ialah, Pemprov menyediakan lahan sementara IPB mengirimkan mahasiswa ke Desa Toapaya Asri dan Desa Lancang Kuning.

Dua desa di Kabupaten Bintan inilah yang akan dijadikan perkebunan sorgum.

Rika menambahkan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu pemberitahuan dari IPB. Setibanya mahasiswa di dua lokasi, mereka akan melakukan pembinaan baik perbaikan kualitas, budidaya efektif hingga pengolahan pascapanen.

“Termasuk pendampingan mengelola manajemen, hingga mem-branding produk sorgum tersebut ke masyarakat,” jelasnya.

Mengapa sorgum yang dipilih, menurut Rika sangat potensial juga sejalan dengan program nasional. Karena sorgum ini sendiri bisa diolah menjadi tepung, beras, teh dan lain sebagainya.

Namun prioritas kerja sama ini ialah mengolah sorgum menjadi tepung. Jika berhasil maka ke depan tak perlu lagi impor dari luar negeri. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...