Jembatan Rampung, Pokcai Jadi Kenangan

Loading...

PENGUJAN (suarasiber.com) – Rencana Pemkab Bintan membangun Jembatan Pengujan Tahap II disambut sukacita warga setempat. Rasanya sudah bosan selama ini mereka mengandalkan transportasi sampan kayu atau pokcai.

Lihat saja raut wajah Ruyah, wanita separuh baya yang tinggal di Dusun II Desa Pengujan ini sumringah. Ia bersyukur di usianya yang 50 tahun akhirnya ada rencana pembangunan jembatan.

Penantian warga Pengujan cukup lama, 28 tahun. Sejak tahun 1990, warga yang berjumlah 300 kepala keluarga hanya mengandalkan pokcai untuk menyeberang. Kekurangan alat transportasi tradisional ini, tak mampu menampung kendaraan dalam jumlah banyak. Kecepatannya juga terbatas pada tenaga manusia. Sementara kebutuhan setiap warga berbeda, ada yang ingin cepat dan buru-buru.

Jika jembatan selesai, rakit yang terbuat dari kayu dengan ruas panjang 18 dan lebar 6 meter beratap alumunium sebagai penyambung Dusun I ke Dusun II dan sebaliknya akan menjadi kenangan.

“Selama ini kami harus menunggu pokcai untuk menyeberang. Pergi ke sekolah, ke pasar bahkan pergi berobat di malam hari. Bila ada jembatan kami mudah kemana-mana,” harapan Tuyah.

Pemkab Bintan rencananya membangun Jembatan Pengujan II di tahun 2018 dengan anggaran APBD berkisar Rp8 miliar. Disampaikan Bupati Bintan H Apri Sujadi SSos yang datang ke Desa Pengujan, Rabu sore (17/1), Jembatan Pengujan II merupakan salah satu prioritas pembangunan.

“Tahun lalu dikerjakan Jembatan Pengujan I dengan anggaran Rp6 miliar, tahun ini giliran Jembatan Pengujan II,” sebut Apri.

Bupati yang datang bersama istri, Hj Deby Apri Sujadi, didampingi wakil rakyat Agus Wibowo dan Zulkifli serta jajaran OPD Kabupaten Bintan. Dalam kesempatan ini diserahkan bantuan 450 paket sembako dan alat musik kompang bagi ibi-ibu majelis taklim.

“Selain meninjau sejumlah proyek, juga ingin mendengarkan aspirasi masyarakat terkait penyempurnaan program-program Pemkab agar tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bintan, Junirianto mengatakan Jembatan Pengujan merupakan salah satu proyeksi pembangunan di bawah kendali dinasnya pada tahun ini. “Iya, Jembatan Pengujan memang proyeksi kami di tahun 2018, dananya Rp8 miliar,” beber Junirianto. (mat)

Loading...