Cara Mudah Menyemai Biji Alpukat Miki Tanpa Tanah

Loading...

Suarasiber.com – Alpukat miki adalah salah jenis alpukat yang kini tengah digandrungi pekebun di tanah air. Khususnya, pekebun yang berdomisili didataran rendah.

Selain itu, alpukat jenis ini memiliki sejumlah keunggulan lainnya. Antara lain, panennya bisa sepanjang tahun dan daging buahnya berwarna kuning dengan rasa yang manis.

Kemudian, beratnya umumnya sekitar 500 gram per buah dan cepat berbuah. Pada umumnya alpukat berbuah di usia 6-7 tahun. Sedangkan alpukat ini berbuah di usia 3-4 tahun.

Keunggulan lainnya alpukat jenis ini, adalah buahnya yang antiulat. Sebab, alpukat ini mampu menghasilkan sendiri enzim antiprotease. Enzim yang sangat tidak disukai ulat.

Ada beberapa cara untuk membiakkan alpukat ini. Seperti cangkok, sambung pucuk, okulasi, dari biji yang disemai dan lain-lain.

Tulisan ini menginformasikan cara membiakkan termudah, yakni dari biji. Dan, tanpa tanah sama sekali saat menyemaikannya.

Alpukat Miki

alpukat-miki-2
Foto – suarasiber/mat

Cara mudah menyemaikan biji alpukat miki tanpa tanah:

1. Ambil biji alpukat dari buah yang benar-benar sudah matang (bukan diperam). Kupas, pisahkan daging buahnya dengan bijinya.

2. Setelah dicuci bersih, biji yang sudah dipisahkan itu dibersihkan atau dikuliti dari kulit tebal yang menempel di biji itu.

3. Ambil wadah seperti tupperware, kotak makanan dari busa atau sejenisnya, untuk menyimpan biji alpukat itu.

Bungkus biji alpukat itu yang sudah dibersihkan dari kulit bijinya dengan beberapa lembar tisu basah. Masukkan di dalam wadah yang sudah disiapkan dan simpan di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung.

4. Setelah sekitar seminggu, buka dan periksa biji alpukat itu. Jika bakal akarnya sudah mulai terlihat, ambil biji tersebut.

5. Ambil tiga tusuk gigi atau lidi, tusuk kepala biji alpukat di tiga sudut di bagian atasnya. Kemudian, tempatkan di dalam gelas air mineral atau sejenisnya yang sudah diisi air bersih tanpa ditambahi bahan apapun. Cukup air bersih dan usahakan bukan air yang mengandung kaporit.

6. Dalam waktu beberapa minggu, akan tumbuh pohon alpukat kecil yang akarnya akan memenuhi wadah yang sudah disiapkan.

7. Setelah daun alpukatnya tumbuh beberapa helai dan sudah berwarna hijau, bibit alpukat siap dipindahkan ke wadah lainnya. Seperti polybag atau pot.

Jika tidak, Anda juga bisa menjadikan biji alpukat yang tumbuh di air ini sebagai tanaman penghias ruangan.

Sangat mudah bukan dan siapapun dapat menyemaikan sendiri di rumah benih alpukat miki. (mat)

Loading...