free page hit counter

Komentar Youtube Cara Jitu Dongkrak Subscriber

Loading...

Komentar Youtube bukan fitur tanpa kegunaan dan fungsi atau dianggap remeh-temeh. Jika pandai memanfaatkannya maka bisa mendongkrak peningkatan jumlah subscriber.

Bukan rahasia lagi jika menjadi Youtuber sekarang menjadi pilihan banyak orang. Bukan hanya di Indonesia, di luar negeri fenomena ini juga terjadi, meski mungkin tak seheboh di Indonesia.

Hal ini tak bisa disalahkan, karena Youtube mempersialakan siapa saja membuka akun dan membuat channel lalu mengunggah videonya. Tentu saja ada batasan dan paraturan yang harus diikuti oleh pengguna. Semuanya bisa dibaca secara terperinci.

Sebagai Youtuber, yang diharapkan ketika baru memulai ialah mendapatkan subscriber secara organik dan jam tayang. Youtube sendiri bisa dimonetisasi ketika memiliki minimal 1.000 subscriber atau 4.000 jam tayang.

Komentar Youtube adalah salah satu kunci yang sering dipakai Youtuber pemula untuk mendongkrak subscriber. Pembuat konten akan browsing untuk menemukan channel yang isinya tak jauh dari miliknya.

Kemudian menuliskan komentarnya jika menemukan channel sejenis tadi. Sambil berkomentar, dua hal lain yang dilakukan ialah memberikan tanda suka dan mengkil tombol subscribe.

“Saya selalu meluangkan waktu sehabis kerja, biasanya malam hari. Lalu saya buka satu demi satu channel yang ada hubungannya dengan bengkel, saya tuliskan komentar Youtube,” aku Wahyu Hidayat, konten creator channel Bengkel Kreatif Jaya Mandiri.

Saat ngobrol santai dengan suarasiber.com, Sabtu (10/9/2022), Wahyu memang banyak belajar dari internet soal Youtube. Ia baca terlebih dahulu cara mengaktifkan atau menonaktifkan komentar di youtube juga cara melihat komentar di youtube.

Hal kecil pun ia pelajari sebelum memutuskan membuka channel sendiri. Hingga hari ini, komentar Youtube manjadi semacam kegiatan rutin yang sudah menjadi bagian hari-harinya.

Menurut Wahyu, ada kecenderungan seseorang yang mendapati kolom komentarnya terisi akan memberikan umpan balik. Kalau tidak membalas komentar ya menambah subscribe. Bahkan lebih sering kedunya.

“Kalau saya sekalian, berkomentar, klik tanda suka dan klik subscriber,” imbuh Wahyu yang channelnya sesaat lagi memiliki 1.000 subscriber.

Meski dengan berkomentar saja cukup, montir mobil lulusan SMP ini kadang menonton sebuah video di channel seseorang. Ia lakukan ini untuk membantu Youtuber lain menambahkan jam tayang.

Komentar Youtube? Aktifkan Fiturnya

Berikut ini saya tuliskan langkah demi langkah cara mengaktifkan komentar di youtube. Ada hal yang dibahas di sini, yaitu mengaktifkan komentar di youtube lewat ponsel dan laptop.

Aktifkan Komentar Youtube Lewat Ponsel

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi YouTube Studio di ponsel pintar. Kamu dapat mengunduhnya melalui Google Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iOS.
  • Setelah diunduh, buka aplikasi YouTube Studio di ponsel kamu. Lalu tekan ikon garis tiga yang terletak di sebelah kiri atas untuk memunculkan menu selanjutnya.
  • Kemudian, pilihan menu akan terbuka di sebelah kiri kamu. Pilih menu Video untuk memunculkan berbagai pengaturan video yang sudah kamu unggah sebelumnya.
  • Kamu akan melihat semua video yang pernah diunggah. Untuk memudahkan proses mencari, kamu dapat mengklik judul video yang ingin diaktifkan komentarnya. Jika sudah menemukan videonya, kamu dapat mengklik video tersebut.
  • Pilih logo pensil yang ada di sudut kanan atas ponsel untuk memunculkan pilihan selanjutnya.
  • Selanjutnya, kamu dapat memilih menu Advance Settings yang ada di sebelah menu Basic Info untuk mengubah pilihan komentar.
  • Tampilan menu baru pun akan terbuka. Selanjutnya, kamu dapat memilih Allow Comments pada menu komentar untuk mengaktifkan atau mematikan komentar YouTube.

Yang Ini Cara Lewat Laptop

  • Buka situs YouTube melalui peramban yang kamu gunakan.
  • Kamu dapat masuk ke akun YouTube yang ingin diubah.
  • Klik menu profil yang ada di pojok kanan atas.
  • Setelah menu baru terbuka, pilih menu Your Channel untuk mencari video yang ingin diaktifkan komentarnya.
  • Klik video YouTube yang ingin kamu aktifkan komentarnya.
    Selanjutnya, kamu dapat mencari menu Edit Video yang ada di bagian bawah layar.
  • Kamu akan diarahkan ke halaman YouTube Studio.
  • Jika sudah masuk ke halaman YouTube Studio, lalu masuk ke menu Details dan pilih menu More Options.
  • Cari menu Comments and Ratings di bagian bawah menu.
  • Pilih menu Allow All Comments untuk mengaktifkan atau mematikan komentar YouTube di video tersebut.
  • Selesai

Begitulah cara mengaktifkan komentar Youtube yang dilansir dari laman Support Google. Semoga memberikan manfaat. (nurali mahmudi)

Loading...