Teknik Sambung Pucuk Alpukat Antigagal

Loading...

Suarasiber.com – Sambung pucuk atau tip grafting, adalah salah satu teknik untuk perbanyakan tanaman.
Tujuan utamanya untuk menjamin kualitas tanaman yang baik dan berbuah lebih cepat.

Teknik ini termasuk dalam jenis perbanyakan vegetatif, yang dilakukan dengan menggabungkan dua jenis tanaman dari jenis yang sama tapi berbeda usia.

Dalam hal ini tanaman alpukat (Persea americana). Batang bawahnya tanaman alpukat usia sekitar 2 bulan, yang ditanam dari biji. Dan, diameternya minimal sudah 0,5 centimeter.

Batang bawah yang berakar tunggang diharapkan menjadi penopang yang kokoh dan tahan terhadap beragam penyakit. Khususnya yang berada di dalam tanah.

Sedangkan atasnya atau entres dari pucuk alpukat (tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda), dan harus sudah pernah berbuah.

Selain itu, bagian atas atau entres ini harus memiliki minimal 3 mata tunas.

Cari Entres dari Jenis Unggul

Harus dipastikan entres-nya dari jenis alpukat unggul yang buahnya banyak dan bagus. Agar, kualitas buah yang dihasilkan setelah berbuah menjadi lebih baik.

Seperti alpukat mentega, alpukat kendil, alpukat aligator dan alpukat miki. Kemudian, alpukat wina, alpukat pluwang dan alpukat hass.

Masing-masing jenis tersebut memiliki keunggulan tersendiri dan cocok untuk ditanam di berbagai ketinggian tanah.

Tingkat keberhasilan teknik perbanyakan ini hingga sekitar 90 persen. Dan, dapat dilakukan oleh siapapun. Apalagi, yang punya minat dengan tanaman dan teliti.

Teknik Sambung Pucuk

Berikut adalah teknik sambung pucuk alpukat antigagal:

  1. Siapkan batang bawah dan batang atas atau entres dari tanaman alpukat yang unggul dan sudah pernah berbuah.
  2. Ukuran batang bawah dan batang atas harus sama atau mendekati sama.
  3. Siapkan plastik es, tali rafia, pisau tajam atau cutter yang sudah disterilkan. Sterilisasi sangat penting dan bisa menggunakan alkohol.
  4. Ambil batang bawah dan potong sekitar 25 cm dari permukaan tanah. Belah tepat di potongan hingga membentuk celah dengan kedalaman ideal sekitar 3 cm.
  5. Ambil batang atas, buang sisa daunnya dengan pisau yang tajam dan sayat bagian bawahnya membentuk huruf V.
  6. Ukuran sayatannnya disamakan dengan celah yang sudah dibuat di batang bawah.
  7. Tancapkan bagian atas ke bagian bawah, ikat dengan tali rafia atau plastik es hingga seluruh bagian yang disambung tertutup rapat.
  8. Sungkup seluruh bagian yang disambung tersebut dengan plastik bening. Dan, tempatkan pada tempat yang teduh serta teelindung dari sinar matahari langsung.
  9. Dalam waktu sekitar 1 bulan biasanya sudah muncul tunas baru di bagian atas tanaman. Biarkan hingga daunnya tumbuh dengan baik. Setelah sekitar 6 minggu, plastik penyungkup sudah bisa dibuka.

Setelah berusia sekitar 3 – 6 dari tumbuhnya daun baru di bagian entres, tanaman alpukat sudah bisa dipindahkan atau ditanam di kebun atau di tempat lain yang sudah disiapkan.

Caranya sangat mudah tapi diperlukan ketelitian. Anda juga bisa melakukan teknik sambung pucuk antigagal ini. (mat) 

Loading...