Rakor Bakesbangpol Kepri Dorong Harmoni dan Sinergi Antarinstansi untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Loading...

Suarasiber.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kepri menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan Kesbangpol se-Kepri dibuka oleh Sekda Provinsi Kepri Adi Prihantara, kegiatan dilaksanakan di Asialink Hotel Pelita, Batam, Senin (25/03/2024).

Adi Prihantara menegaskan pentingnya melaksanakan urusan pemerintahan umum seperti pembinaan wawasan kebangsaan, persatuan dan kesatuan bangsa, kerukunan antar suku, agama, ras, dan golongan, serta koordinasi antar instansi, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Adi Prihantara juga menyampaikan bahwa tugas tersebut merupakan kewenangan gubernur, bupati, dan wali kota untuk membantu kepala daerah dalam menerjemahkan kebijakan presiden di daerah, terutama untuk menjaga stabilitas pada bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan (poleksosbudhankam).

“Rakor ini diharapkan dapat menciptakan koordinasi dan kerjasama yang terukur guna menciptakan kerukunan, persatuan, dan kesatuan di Provinsi Kepulauan Riau, serta menguatkan koordinasi antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota,” kata Adi.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kepri, Raja Hery Mokhrizal, menjelaskan bahwa tema yang diangkat dalam rapat koordinasi ini adalah harmonisasi Program Kegiatan Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam Rangka Mewujudkan Harmoni Masyarakat dan Stabilitas Daerah Provinsi Kepri Tahun 2025, serta fasilitasi penerimaan laporan pertanggungjawaban bupati/wali kota dalam melaksanakan urusan pemerintahan umum.

“Rakor ini dimaksudkan untuk menciptakan sinkronisasi dan sinergitas antara Kesbangpol Provinsi Kepri dan Kesbangpol Kabupaten/Kota, dengan tujuan membantu kepala daerah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan umum di daerah,” jelasnya.

Dari kegiatan ini, diharapkan akan dihasilkan rumusan program kerja yang baik dalam mewujudkan Kepulauan Riau yang berdaya saing, serta Kepri yang berbudaya untuk menuju Indonesia Emas Tahun 2045. (**)

Loading...