Tahun Baru 2024, Harga BBM Nonsubsidi Turun Harga, Cek Daftar Lengkapnya!

Loading...

Suarasiber.com – Harga Bahan Bakar Minyak atau BBM non subsidi seperti Pertamax Series dan Dex Series, diturunkan. Demikian disampaikan Pertamina Patra Niaga.

Penurunan harga BBM nonsubsidi tadi mulai diberlakukan 1 Januari 2024.

Melansir dari timesindonesia.co.id, Selasa (2/1/2024), pertimbangan penurunan harga ialah tren fluktuasi harga rata-rata publikasi minyak dunia, yakni harga publikasi Mean of Platts Singapore (MOPS)/Argus serta nilai tukar mata uang Rupiah.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, mengatakan, bahwa perubahan berkala menyesuaikan fluktuasi harga pada periode tanggal 25 hingga tanggal 24 pada bulan sebelumnya. Perubahan harga sesuai tren fluktuasi hal wajar dan boleh dilakukan oleh seluruh badan usaha sesuai regulasi yang berlaku.

Harga jual produk BBM nonsubsidi Pertamina yang mengalami penurunan disebutnya merek Pertamax Series dan Dex Series. Ini bukan penurunan harga pertama. Desember lalu juga sudah dilakukan penurunan harga.

Irto menyebut, penurunan harga ini sudah sesuai dengan Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga JBU atau BBM nonsubsidi.

Pertamina Patra Niaga yang menjadi bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), akan senantiasa menjaga harga BBM yang kompetitif dan terjangkau bagi masyarakat hingga ke pelosok negeri.

Area Manager Communication Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi mengatakan bahwa penurunan harga ini serentak diikuti semua SPBU se-Indonesia.

Di wilayahnya misalnya, Pertamax Series (Gasoline/Bensin), Pertamax 92 turun dari harga sebelumnya Rp 13.350 menjadi Rp 12.950 per liter berlaku di Jawa Timur. Bali dan Nusa Tenggara turun menjadi 13.200 dari harga sebelumnya Rp 13.650. Pertamax Green 95 menjadi Rp 13.900 dari harga sebelumnya Rp 14.900 perliter, Pertamax Turbo menjadi Rp 14.400 dari Rp 15.350 per liter.

Sementara sektor Gasoil (bahan bakar mesin diesel) untuk Dex Series, Dexlite turun harga menjadi Rp 14.550 dari sebelumnya Rp 15.550 per liter, dan Pertamina Dex turun harga menjadi Rp 15.100 dari sebelumnya Rp 16.200 per liter.

Informasi harga produk Pertamina terbaru, masyarakat bisa mengeceknya melalui website: https://mypertamina.id/fuels-harga. Cara kedua, bisa menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...