TNI – US Indopacom Perbaiki Jalan dan Sekolah di Situbondo Jatim

Loading...

Suarasiber.com – Latihan gabungan bersama tahunan antara Tentara Nasional Indonesi (TNI) dan United States Indo-Pasific Command (US Indopacom) bertajuk Super Garuda Shield (SGS) 2023 dirancang untuk memperkuat interopabilitas serta kerja sama, dan salah satu materi latihan yang dilaksakan adalah Engineering Civic Action Program (ENCAP).

Bentuk kegiatan ENCAP salah satunya adalah membangun infrastruktur berupa pengerasan atau pengaspalan jalan untuk kendaraan tempur (ranpur) jenis Tank di Pusat Latihan Pertempuran (PLP) 5 Marinir TNI AL di Baluran Situbondo, Jawa Timur, Jum’at (25/8/2023).

Prajurit TNI AL Pasmar 2 Korp Marinir bersama dengan personel US Indopacom (United States Indo-Pasific Command) melaksanakan kegiatan pengerasan atau pengaspalan jalan sepanjang 1,7 km di PLP 5 Baluran kompleks.

Pengaspalan atau pengerasan jalan dengan lebar 4 meter ini melibatkan personel Marinir TNI AL dan US Army dari US Indopacom.

Sedangkan alat – alat berat yang digunakan dalam proses pembangunan infrastruktur tersebut diantaranya grader dan roller

Kegiatan ENCAP dimulai 9 Agustus 2023 sampai dengan 13 September 2023 menargetkan perbaikan konstruksi jalan, perbaikan fasilitas umum dan melakukan renovasi Sekolah Dasar di Desa Semberejo Situbondo.

Sehingga latihan Super Garuda Shield tidak saja dampaknya dirasakan oleh TNI untuk meningkatkan kemampuan dan kapabilitasnya untuk bertempur dan mengeliminir ancaman serta gangguan terhadap keutuhan NKRI tapi juga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat di sekitar daerah latihan. (***)

Loading...