Kemendikbudristek Lepas 358 Penerima Beasiswa Indonesia Maju Luar Negeri Angkatan II

Loading...

Suarasiber.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) secara melepas 358 mahasiswa kuliah di luar negeri.

Mahasiswa tersebut adalah mereka yang lolos dan mendapatkan Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Luar Negeri Angkatan II. Mereka terdiri dari jenjang S1 dan S2.

Sebelumnya, semua peserta mengikuti pembekalan keberangkatan yang berlangsung pada tanggal 13 sampai 19 Agustus 2023 di Jakarta.

“Selamat berpetualang dalam perjalanan akademis dan profesional kalian yang baru. Terus melaju untuk Indonesia Maju,” pesan Plt Kepala Puspresnas, Hendarman.

Salah satu mahasiswa penerima BIM, Rivka Abrianna Napitupulu, dari SMAN 2 Tangerang Selatan, diterima di University of California..

Ia mengaku fokus ke bidang structural transportation and development. Ia ingin menyerap ilmu-ilmu yang diperolehnya di luar negeri dan membagikannya langsung kepada Indonesia.

Trevor Wade Orlando, dari SMAN Pradita Dirgantara, mengutarakan cita-citanya berkontribusi memajukan Indonesia. “Saya ingin berkontribusi untuk Indonesia melalui riset yang saya temukan dan kembangkan di bidang Engineering Science lalu memberikannya kepada tanah air saya, Indonesia. Dengan begitu Indonesia bisa lebih maju dari negara-negara lainnya,” jelasnya.

Perlu diketahui, peserta didik penerima BIM S1 Luar Negeri Reguler yang merupakan alumni BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri akan melanjutkan program studinya di 31 perguruan tinggi dari 11 negara.

Selanjutnya, penerima BIM S1 Luar Negeri Mandiri yang tanpa melalui program persiapan akan melanjutkan program studinya di 21 perguruan tinggi dari 7 negara. Sementara itu, BIM S2 Luar Negeri akan melanjutkan program studinya di 14 perguruan tinggi dari 4 negara.

Adapun lima perguruan tinggi teratas tujuan penerima BIM S1 Luar Negeri Reguler, yaitu University of Toronto sebanyak 47 orang, University of British Columbia sebanyak 41 orang, Nanyang Technological University sebanyak 35 orang, Monash University sebanyak 28, orang, dan University of New South Wales (UNSW) sebanyak 22 orang.

Selanjutnya lima perguruan tinggi teratas tujuan penerima BIM S1 dan S2 Luar Negeri Mandiri, yaitu Monash University sebanyak 13 orang, University of British Columbia sebanyak 11 orang, University of Toronto sebanyak 9 orang, University of New South Wales (UNSW) sebanyak 5 orang, dan Nanyang Technological University sebanyak 4 orang. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...