Presiden Sebut Indonesia Berpeluang Peringkat Lima Kekuatan Ekonomi Dunia

Loading...

Suarasiber.com – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI, di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Rabu (16/8/2023).

Presiden mengungkapkan bahwa Indonesia berpeluang meraih posisi lima besar kekuatan ekonomi dunia. Ranking tersebut akan dicapai saat mencapai Indonesia Emas Tahun 2045.

“Ini yang bolak balik saya sampaikan di setiap kesempatan. Bahwa Indonesia saat ini punya peluang besar. Untuk meraih Indonesia Emas 2045 meraih posisi jadi 5 besar kekuatan ekonomi dunia dan tidak hanya peluangnya saja. Tapi strategi untuk meraihnya sudah ada, sudah dirumuskan,” kata Presiden.

“Tinggal apakah kita mau memfokuskan energi kita untuk bergerak maju atau justru membuang energi kita untuk hal-hal yang tidak produktif, yang memecah belah. Bahkan yang membuat kita melangkah mundur,” jelasnya lebih jauh.

Bonus demografi yang akan mencapai puncak di Tahun 2030-an juga menjadi peluang besar untuk meraih Indonesia Emas 2045. Sebab, 68% penduduk Indonesia adalah penduduk usia produktif.

Selain itu, ujar Presiden, kepercayaan internasional menjadi hal penting lain yang dimiliki Indonesia untuk mewujudkan hal itu.

“Sehingga strategi pertama untuk memanfaatkan kesempatan ini adalah mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia,” ungkap Presiden, dikutip dari keterangan resminya. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...