Presiden Jokowi Luncurkan Vaksin Indovac

Loading...

Suarasiber.com – Pemerintah RI ternyata telah menyiapkan vaksin selama 1,5 tahun. Vaksin yang dinamakan Indovac itu pun diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Peresmian Indovac dilaksanakan di PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022).

Dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, peluncuran Indovac diawali dengan bismillahirrahmanirrahim.

“Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, pada pagi hari ini saya luncurkan vaksin Indovac produksi PT Bio Farma, Bandung,” ujar Jokowi

Dirut PT Bio Farma sebelumnya menyampaikan tahun depan Indonesia bisa memproduksi Indovac hingga 40 juta. Bahkan jika pasar masih membutuhkan bisa diproduksi hingga 120 juta vaksin.

“Mulai hari ini kita bisa memproduksi vaksin Covid-19 sendiri dengan kapasitas kurang lebih 20 juta di tahun ini,” jelas Jokowi.

Presiden lantas membeberkan waktu yang digunakan untuk melahirkan Indovac.

“Ini memakan waktu Indovac dari awal sampai sekarang 1,5 tahun. Juga diam, enggak pernah bersuara, tahu-tahu jadi Indovac,” ungkapnya.

Indovac disebut Presiden sebagai hasil kerja keras SDM muda Indonesia yang mampu menggarap vaksin baru dari hulu sampai ke hilir.

Presiden secara khusus meminta Menteri BUMN Erick Thohir dan Menkes Budi Gunadi Sadikin agar mendorong terus vaksin buatan PT Bio Farma ini. Pada kesempatan ini juga dilakukan penyuntikan perdana vaksin Indovac.

Pada akhir September 2022 lalu, Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan Indovac adalah produk vaksin Covid-19 pertama buatan Indonesia yang mendapatkan emergency use authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...