FYP Tiktok Apakah Itu? Ini Penjelasannya

Loading...

FYP Tiktok adalah istilah yang pasti sangat familiar bagi pengguna medsos Tiktok. FYP atau For You Page adalah tab yang berisi kumpulan video pendek berdurasi 15 detik hingga tiga menit, yang muncul di timeline TikTok. Bisa dibilang FYP adalah home page atau laman beranda dari media sosial ini.

FYP adalah halaman yang direkomendasikan di aplikasi TikTok saat kita login ke akun TikTok, biasanya berisi video yang trending dan viral.

Itu sebabnya FYP menjadi salah satu prioritas utama para content creators di TikTok.

Sebagai media sosial yang berkembang cukup pesat, dengan sekitar 10 juta pengguna aktif di Indonesia, dan lebih dari 700 juta pengguna di dunia, tak mudah untuk menjadi trending.

Banyaknya pengguna yang aktif saat ini, menjadi alasan Tiktok memiliki FYP.

FYP di TikTok menampilkan konten dan video yang dipilih secara khusus oleh algoritma TikTok berdasarkan minat dan interaksi pengguna sebelumnya. Muncul di FYP membantu mendapatkan lebih banyak pengikut, uang, sponsor, dan meningkatkan penjualan usaha.

Cara Kerja FYP Tiktok

Melansir kompas.com, Sabtu (5/8/2023), Dalam memilik konten yang kira-kira akan disukai pengguna, algoritma TikTok mengacu pada tiga kategori utama, yaitu interaksi yang dilakukan, informasi video, serta pengaturan akun.

Interaksi pengguna disini maksudnya adalah aktivitas pemilik akun tentang konten apa yang mereka sukai, video yang rutin dibagikan, akun yang diikuti, komentar yang mereka berikan, dan konten yang mereka unggah.

Sedangkan, maksud dari informasi video yaitu mencakup keterangan misalnya caption, suara, hingga tagar (hashtag) yang mereka pakai. TikTok akan menggabungkan informasi ini kemudian menyesuaikannya dengan pengaturan smartphone dan akun penggunanya, seperti preferensi bahasa, negara, serta jenis perangkat yang digunakan oleh pengguna.

Selanjutnya, algoritma TikTok akan bekerja menyajikan konten di FYP sesuai informasi peroleh dari setiap pengguna tadi.

“Indikator minat, seperti ‘apakah pengguna itu akan menonton video dari awal hingga akhir?’, tentu akan menerima bobot yang lebih besar daripada indikator pengguna yang menunjukkan lebih menyukai video berdurasi singkat,” tambah TikTok dalam penjelasannya.

Semakin sering interaksi dan semakin banyak pengguna TikTok lain yang Anda ikuti, maka akan makin akurat pula penilaian algoritma TikTok tentang preferensi Anda.

Pengguna juga bisa memilih opsi “Not interested” atau menyembunyikan konten tertentu yang tidak disukai agar di kemudian hari tak ditampilkan lagi. Ini juga membantu algoritma TikTok dalam menentukan sajian video yang cocok bagi pengguna bersangkutan.

Menurut TikTok, konten yang dimunculkan di FYP juga bukan berdasarkan apa yang sedang populer atau viral, melainkan lebih ke hal-hal yang disukai pengguna berdasarkan informasi aktivitas Anda saat menggunakan aplikasi TikTok. Dengan begitu, konten video TikTok yang muncul di FYP, akan relevan dengan ketertarikan dan minat dari masing-masing pengguna. Itulah sebabnya, mengapa konten FYP Anda berbeda dengan pengguna lainnya.

Cara Agar Konten Viral

Kalian yang memiliki akun Tiktok juga harus paham ada waktu tertentu di mana penonton medsos ini begitu banyak. Kesempatan itulah yang harus digunakan untuk mendapatkan keuntungan.

Mengutip Influencer Marketing Hub, jam ramai TikTok, atau biasa disebut TikTok prime time adalah pada siang hari pukul 12.00 – 13.00 WIB, sore hari pada pukul 16.00 – 17.00 WIB, dan malam hari pada pukul 19.00 – 23.00 WIB. Agar bisa muncul di jam-jam tersebut, kamu harus menjadwalkan waktu upload.

Untuk lebih lengkapnya, berikut Jadwal yang tepat untuk upload video agar muncul di FYP di TikTok saat prime time, yang juga berlaku di Indonesia:

  • Senin: 14.00 WIB, 18.00 WIB, 21.00 WIB
  • Selasa: 10.00 WIB, 16.00 WIB, 21.00 WIB
  • Rabu: 11.00 WIB, 19:00 WIB, 20.00 WIB,
  • Kamis: 06.00 WIB, 21.00 WIB, 23.00 WIB
  • Jum’at: 16.00 WIB, 24.00 WIB, 02.00 WIB
  • Sabtu: 06.00 WIB, 07.00 WIB, 22.00 WIB
  • Minggu: 03.00 WIB, 18.00 WIB, 19.00 WIB

Selain mengetahui primetime, penulisan caption yang baik juga bisa mendorong konten kalian di Tiktok menjadi FYP. Tiktok sendiri terus memperbaiki diri agar penggunanya lebih nyaman.

Terhitung sejak bulan November 2021, TikTok meningkatkan jumlah karakter pada caption dari 100 karakter menjadi 300. Ini dapat kamu manfaatkan untuk membuat caption semenarik mungkin.

Selain itu, untuk memancing interaksi atau komentar dari pengguna lainnya, caption ini bisa berupa pertanyaan. Ini merupakan cara masuk FYP TikTok yang terbilang paling mudah.

Hal ini dilakukan untuk membantu dan memperbesar peluang terjadinya interaksi pada video yang kamu upload tersebut. Dengan banyaknya interaksi, maka otomatis video akan muncul pada halaman For You.

Cara lain yang bisa dilakukan agar bisa FYP Tiktok tentu saja mengunggah konten yang unik, lucu dan pastinya original. Lihat sekali lagi, tonton dengan seksama sebelum video diunggah, apakah kalian merasa puas? Jika ada yang terasa kurang, jangan segan untuk memperbaikinya.

Selain itu, hindari ego yang terlalu tinggi ketika merasa membutuhkan orang lain untuk bekerja sama. Ya, agar Tiktok kalian semakin ramai jangan malu untuk berkolaborasi dengan kreator TikTok lainnnya, bisa berupa video duet, atau melakukan challenge bersama.

Video duet TikTok terbukti cukup ampuh untuk meningkatkan exposure dari video konten yang kamu buat. Bila hasil duetnya menarik, maka akan mendatangkan banyak komentar, apalagi kalau video duet kamu direspon oleh sang kreator yang kamu ajak duet.

Hal lain yang bisa kalian coba ialah mengikuti isu yang sedang tren saat ini. Hampir setiap hari pasti ada saja tantangan unik atau challenge TikTok yang dibuat oleh para penggunanya. Cobalah versimu sendiri.

Nah, backsdound di Tiktok juga cukup berpengaruh mendongkrak popularitas video kalian. Caranya, pilihlah lagu atau suara latar yang sedang trending. Setelah semuanya dilakukan, jangan lupa memberikan hastag.

Bagi pebisnis yang menggunakan platform online untuk promosi, mempelajari bagaimana cara menggunakan hashtag sangatlah penting karena dapat membantu meningkatkan jangkauan dan engagement.

Semua media sosial yang ada mendukung fungsi hashtag untuk mengelompokkan konten dengan tema tertentu, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan masih banyak lagi.

Tips terakhir agar videomu bisa FYP Tiktok ialah melakukan interaksi dengan beberapa pengguna TikTok lainnya. Kamu bisa memulainya dengan memberikan komentar pada beberapa video orang lain yang masuk dalam halaman FYP.

Dengan melakukan cara ini, nantinya akan tercipta sebuah interaksi. Bahkan, melalui cara ini pula bukan tidak mungkin akan ada banyak pengguna TikTok lain yang berkenan untuk memberikan like pada komentarmu dan bahkan menjadi follower baru kamu.

Semoga bermanfaat. (syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...