Arist Merdeka Sirait Meninggal Dunia

Loading...

Suarasiber.com – Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait meninggal dunia pada Sabtu (26/8/2023) pagi di Rumah Sakit Polri Kramat Jati.

Sebelum meninggal, Artist lebih dahulu dirawat akibat penyakit yang ada dalam tubuhnya. Penyebab kematiannya masih diobresvasi oleh tim dokter.

Kabar kematian Artist disampaikan oleh Ketua Komnas Perlindungan Anak DKI Jakarta, Cornelia Agatha. Ia menyampaikan kabar duka melalui Instagram pribadinya.

“Selamat jalan, Pak Arist. Terima kasih atas ketulusan hati dan semua jasa Bapak yang tak pernah lelah memperjuangkan nasib anak-anak di Indonesia,” demikian tulis Cornelia dilihat suarasiber.com, Sabtu (26/8/2023).

Arist meninggal dunia di usianya yang ke 63 tahun. Dirinya dinilai kerap menjadi inspirasi para pegiat Hak Asasi Manusia (HAM).

Kiprah Artist di Komnas PA cukup lama. Ia diangkat menjadi ketua lembaga itu sejak 2010 lalu. Kecintaannya kepada anak ditunjukkan saat ia masih kecil, saat masih tinggal bersama keluarganya di perkebunan Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Saat itu ia yang berprofesi sebagai penjahit membangun sekolah gratis untuk anak-anak perkebunan. Inilah awal kiprahnya sebagai pelindung hak anak dimulai.

Komnas PA didirikannya bersama Seto Mulyadi. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...