Adi Prihantara: Janji Pramuka Mengandung Komitmen kepada Masyarakat dan Tuhan

Loading...

Suarasiber.com – Janji Pramuka diulangi setiap tahun, untuk menguatkan komitmen. Sekda Provinsi Kepri, Adi Prihantara menegaskan pentingnya komitmen tadi.

Ia mengajak seluruh anggota Kwarda Kepri yang telah mengulang janji Pramuka untuk lebih memikirkan janjinya sebagai wujud komitmen sebagai anggota Pramuka dan sebagai komitmen atas kewajibannya kepada Tuhan.

“Janji itu bukan sekadar janji, tapi mengandung komitmen atas kewajiban kepada Tuhan, negara, masyarakat, serta mengamalkan Dasa Darma Pramuka,” tegasnya.

Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Riau menggelar Ulang Janji sekaligus pemberian Tanda Lencana Pancawarsa kepada Kakak-kakak Kwarda Kepri di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Ahad (13/8/2023).

Kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk penyambutan Hari Pramuka yang jatuh setiap 14 Agustus setiap tahun.

Sekda Kepri yang juga Ketua Kwartir Daerah Pramuka Provinsi Kepri memimpin langsung pengucapan ulang janji Pramuka , diikuti oleh kakak-kakak dan adik-adik anggota Kwarda Kepri.

Adi Prihantara juga menyematkan Tanda Lencana Pancawarsa kepada 24 orang Kakak-kakak Kwarda Kepri yang telah mengabdi di Pramuka selama 5-20 tahun.

Dalam sambutannya, Sekdaprov Adi menyampaikan kegiatan ulang janji ini merupakan wujud untuk membangkitkan semangat yang lebih lagi untuk kemajuan Gerakan Pramuka di Provinsi Kepri.

“Dengan ulang janji dan setangan merah putih ini sebagai saksi kita adalah penerus dan bukti sejarah akan gerakan pramuka dalam rangka Hari Pramuka ke-62 tahun 2023,” kata Sekdaprov Adi.

Harapannya, janji itu bisa diimplementasikan untuk memajukan gerakan pramuka, baik gugus depan, kwartir ranting, kwartir cabang, maupun di kwarda.

“Semoga dengan janji yang kita ulang ini, menjadikan semangat dan komitmen baru untuk mengabdi dalam kehidupan bakti di gerakan pramuka, serta mengabdi tanpa henti untuk masyarakat dan negara,” ucapnya.

Sekdaprov Adi juga menyampaikan ucapan selamat kepada kakak-kakak yang telah dianugerahkan tanda Lencana Pancawarsa.

“Semoga kakak-kakak yang telah menerima penghargaan ini dapat terus setia kepada organisasi dan dapat terus mengembangkan para tunas muda yang berkepribadian, berwatak, berbudi pekerti luhur, dan menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna terkhusus untuk anggota Pramuka,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Ketua Bidang Sarana dan Prasarana Kwarda Kepri Abdullah, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Kwarda Kepri Sarafudin Aluan, Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa Eko Sumbaryadi, Kepala Sekolah SMA dan SMK se-Kota Tanjungpinang dan Kamabigus dan Pembina Pramuka se-Kota Tanjungpinang. (ky/***)

Editor Yusfreyendi

Loading...