Yuk Mengenal Kampung Keren yang Dipresentasikan Bupati Bintan ke Panelis Top 99 KIPP

Loading...

Suarasiber.com – Pemkab Bintan di bawah kepemimpinan Bupati Roby Kurniawan terus berbenah. Terbaru Pemkab Bintan masuk sebagai finalis Top 99 dari 3.110 proposal inovasi dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang dilakasanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Roby mengawali presentasinya di hadapan Panelis via zoom meeting, Senin (3/7/2023).

Bupati berusia muda ini membeberkan Sentra Kampung Kerupuk Modern (Kampung Keren) yang berlokasi di Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Bintan Pesisir.

Panelis yang ditunjuk Kemenpan RB pun menggali lebih dalam apa itu Kampung Keren.

Roby mengisahkan, kondisi geografis Bintan membuat daerah ini kaya akan hasil laut.

Pada tahun 2014 silam, sekelompok emak-emak yang tergolong kurang mampu secara ekonomi membuat kerupuk. Kala itu pembinaannya masih dilakukan pada kelas KUBE.

“Ini yang kemudian kita benah baik secara produksi, kualitas, daya saing hingga pemasaran,” kata Roby.

Hasilnya, usaha tersebut mampu menghasilkan omzet miliaran rupiah setiap tahunnya. Hasil yang kemudian menjadi pendongkrak taraf hidup dan perekonomian masyarakat.

Roby pun menyampaikan bahwa hasil produksi kerupuk tersebut telah diekspor ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Pembinaan yang dilakukan di Kampung Keren ditujukan untuk meningkatkan mutu produksi dimana saat ini seluruh produk telah lulus standart GMP (Good Manufacturing Production).

Menjawab salah satu pertanyaan Tim Panel tentang perkembangan yang didapat, Roby menjelaskan bahwa dampak revitalisasi Kampung Keren ini mampu meningkatkan hasil produksi mencapai 130 ton dari 43 IKM. Bahkan serapan pekerjanya hingga saat ini meningkat di atas 100 orang.

Inovasi Kampung Keren yang mendapat pujian dari Tim Panel Independen ini nantinya akan dinilai menuju Top 45 hingga mencapai kategori terbaik. Di akhir penyampaiannya Roby optimis pengembangan-pengembangan yang akan dilakukan di tahun-tahun hadapan akan mampu meningkatkan produktifitas dan daya saing Sentra Kampung Kerupuk Modern. (***/syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...