Kota Batam Masuk Radar sebagai Tuan Rumah Kompetisi Robotik Madrasah 2023

Loading...

Suarasiber.com – Kota Batam di Provinsi Kepulauan Riau masuk daftar kota yang berpeluang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kompetisi Robotik Madrasah atau Madrasah Robotics Competition (MRC) Tahun 2023.

Hal ini disampaikan Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag RI, M Isom Yusqi dalam Focused Group Discussion (FGD) yang digelar di Jakarta, Selasa (6/6/2023).

Selain evaluasi MRC 2022, FGD membahas rencana tema serta lokasi MRC tahun ini.

Beberapa lokasi sudah diinventarisir panitia, di antaranya Batam, Bali, Makassar, Balikpapan dan Palembang. Panitia dari Direktorat KSKK Madrasah akan segara melakukan survei lokasi-lokasi tersebut untuk menentukan mana yang paling memadai.

Isom meminta agar tahun ini MRC dibikin berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dengan tetap mempertahankan ciri khas MRC dan tidak menurunkan kualitas kompetisi. Lokasinya tak harus di Jawa, kategori lombanya diubah.

“Hadiahnya diperbanyak dan tentu kompetisinya juga musti menghibur atau entertaining,” pesan Isom seperti dilansir dari website resmi Kemenag, Kamis (8/6/2023).

Ia juga menegaskan jika kompetisi robot adalah kompetisinya siswa, bukan guru atau pelatih. Karenanya, kategori yang memberikan peran pelatih cukup banyak harus dikaji ulang.

FGD ini dihadiri pegawai Direktorat KSKK Madrasah dan para pelatih dari beberapa madrasah di Jabodetabek. Hasil pembahasan mengerucut pada rencana pelaksanaan MRC 2023 di luar pulau Jawa.

FGD juga merencanakan MRC digelar pada Oktober 2023. Untuk tanggal penyelenggaraannya masih akan dibahas kemudian, sembari menunggu kepastian lokasi. Meski tema besarnya belum disepakati, namun MRC 2023 akan mengedepankan robot-robot inovatif yang memiliki fungsi pelestarian, restorasi dan pengenalan nilai-nilai budaya (Applying Robotics Innovation in Cultural Value/ Tathbiiqu ar-Ruubuutaat al-Mubtakirah fii al-Qiimati ats-Tsaqaafah). (***/syaiful)

Editor Ady Indra P

Loading...