Spanyol vs Jerman: Der Panzer Kalah 0-6 Lagi?

Loading...

Suarasiber.com – Duel kelas berat akan tersaji antara Spanyol vs Jerman di babak penyisihan Grup C Piala Dunia 2022, Senin (28/11/2022) pukul 02.00.

Jerman dituntut menang, usai kalah 1-2 dari Jepang di laga pertama grup. Sedangkan Spanyol menang 7-0 atas Kosta Rika.

Jika kalah, Jerman akan tersingkir. Sekaligus mencatat rekor 2 kali beruntun tersingkir di penyisihan grup Piala Dunia.

Spanyol dan Jerman sudah 25 kali berduel, Jerman menang 9 kali, Spanyol menang 8 kali dan 8 laga lainnya berakhir imbang.

Namun dalam 6 dul terakhir Spanyol menang 3 kali, Jerman menang 1 kali dan 2 kali seri.

Jerman menang terakhir atas Spanyol tahun 2014 dengan skor 1-0 di pertandingan persahabatan.

Duel terakhir kedua tim terjadi di ajang Nations League, November 2020, saat itu Spanyol yang bermain dengan umpan-umpan pendek menang 6-0 atas Jerman.

Keenam gol Spanyol itu dicetak oleh Alvaro Morata menit 17, Ferran Torres menit 33, 55′, 71, Rodri menit 38 dan Oyarzabal menit 89.

Para pemain Spanyol yang menang 6-0 saat itu, nyaris tidak berubah di Piala Dunia 2022. Begitu juga dengan para pemain Jerman.

Bedanya, pelatih Jerman saat itu J Low, saat ini sudah digantikan oleh Hansi Flick. Yang pada laga perdananya di Piala Dunia kalah 1-2 dari Jepang.

Kini, Flick akan berduel dengan lawan berat Spanyol, yang masih dilatih Luis Enrique. Dan masih menggunakan umpan-umpan pendek, namun cepat dengan serangan balik.

Dengan situasi tersebut para pakar umumnya menjagokan Spanyol menang. Meski ada juga yang menjagokan Jerman karena faktor Bayern Munchen dan Barcelona.

Nyaris setengah timnas Spanyol, adalah pemain Barcelona. Sebaliknya, nyaris separuh tim Jerman adalah pemain Bayern Munchen, yang belakangan selalu menang atas Barcelona.

Walau lebih diunggulkan namun Enrique enggan jemawa, bagi Jerman adalah sebuah tim yang dapat mengubah dinamika mereka di Piala Dunia.

Begitu dengan Olmo, penyerang Spanyol yang mengatakan, melawan Jerman akan menjadi pertempuran untuk kerasukan. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...