free page hit counter

Merah Putih Berkibar di Bandara Moskow Sambut Kedatangan Presiden Jokowi ke Rusia

Loading...

Suarasiber.com – Sebuah video pendek diunggah melalui reels Instagram Koordinator Staf Khusus Presiden RI Ari Dwipayana, Kamis (30/6/2022).

Salah satunya bagaimana Ari merekam suasana Bandara Vnukovo II di Moskow, Rusia, sesaat sebelum Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo turun dari pesawat.

Awalnya terlihat sebuah pesawat dari bagian belakang, sementara pesawat yang ditumpangi Ari berjalan pelan untuk berhenti.

Sesaat kemudian, di depan sebuah pesawat terlihat dua tiang dengan bendara dipasang di puncaknya. Di sebelah kiri adalah bendera Rusia dan sebelah kanan Bendera Merah Putih yang berkibar ditiup angin.

Ari hanya memberikan keterangan foto singkat, Mendarat Moskow.

Ia juga merekam dan mengunggah pejabat Rusia menyambut kedatangan rombongan Presiden Jokowi. Mobil-mobil kenegaraan pun disiapkan.

Serta momen ketika Presiden dan Ibu Negara turun dari pesawat, Ibu Negara menerima karangan bunga dan kesibukan lain di bandara Rusia.

Ari Dwipayana memang ikut dalam rombongan Presiden Jokowi ke Moskow. Presiden menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

“Presiden Jokowi mendarat di Moskow untuk misi perdamaian,” demikian tulis Ari Dwipayana dalam videonya.

Mengutip Biro Pers Sekretariat Presiden, pejabat Rusia yang menyambut Jokowi diantaranya Kepala Protokol Negara Federasi Rusia Igor Viktorovich Bogdashev dan Wakil Menteri Luar Negeri Federasi Rusia Mikhail Bogdanov.

Juga Duta Besar RI Moskow Jose Antonio Morato Tavares dan istri dan Atase Pertahanan KBRI Moskow Kolonel Budi Susilo dan istri.

Presiden didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sebelum ke Rusia, Jokowi terlebih dulu berkunjung ke Kyiv, Ukraina. Di Ukraina, Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy atau Zelensky.

Kedatangannya ke Rusia untuk menyampaikan pesan Zelensky untuk Presiden Rusia Vladimir Putin. Hal ini disampaikannya di Instagram @jokowi.

“Saya datang menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi pula,” rulisnya di Instagram. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...