Pj Sekda Kepri: Garis Pantai Indonesia Terpanjang ke-2 di Dunia

Loading...

Suarasiber.com – Penjabat Sekdaprov Kepri Eko Sumbaryadi menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus DPD Pelra Riau dan Kepri serta DPC Pelra se-Riau dan Kepri di Hotel Planet Holiday, Batam, Sabtu (19/2/2022).

Pengukuhan ini dilaksanakan usai Musda DPD Pelra dan Muscab DPC Pelra Riau dan Kepri pada tanggal 17 Januari 2022.

Dalam acara bertema “Kita Mantapkan Peranan Pelayaran Rakyat Sebagai Pelaku Utama Ekonomi Kerakyatan di Bidang Maritim Prov Riau dan Prov Kepri”, Andi Mashadiyat memimpin DPD Pelra Kepri dan Riau.

Ia didampingi Sekretaris, Triyana Syahfitri; Bendahara, Muslim Matondang. Pelantikannya dilakukan Ketua Umum Pelra, H. Sudirman Abdullah, SE didampingi Sekjen Pelra, H. Mualimin Dawing.

Usai dilantik, Andi pun melantik pengurus DPC Pelra Kepri dan Riau. Yakni DPC Pelra Kota Batam, Pekanbaru, Bintan, Tanjungpinang, Indra Giri Hilir dan Dumai.

Dalam sambutannya, Eko memaparkan negara maritim dengan kelebihan dan potensinya.

“Indonesia memiliki sekitar 17.499 pulau bergaris pantai sepanjang 81.000 kilometer, terpanjang kedua setelah Kanada,” ujar Eko.

Demikian juga dengan Kepri, wilayahnya didominasi lautan. Potensi sumber daya perikanan dan kelautan yang terdapat di Kepri antara lain berbagi hasil perikanan laut, wisata bahari dan pantai dengan ekosistem mangrove, terumbu karang dan rumput laut serta sumber daya alam non hayati yaitu minyak bumi, gas alam, pasir laut dan bahan tambang mineral.

Turut Hadir dalam acara tersebut Kepala BPKAD Kepri Venni Meitaria, Kadishub Kepri Junaidi, Kadishub Batam Solihin dan Asisten Ekbang Bintan Mohammad Panca Azdigoena. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...