free page hit counter

Ansar: Beragam Ancaman di Kepri Masih Butuhkan Kehadiran TNI

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menghadiri langsung Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 TNI Tingkat Provinsi Kepri di Lapangan Monumen Gonggong, Tanjungpinang, Rabu (5/10/2022).

Ia kehadiran TNI yang terus menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. Dirinya berpendapat dengan semakin beragamnya jenis ancaman yang dihadapi oleh Indonesia, terutama di Kepri yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, maka kehadiran TNI di Kepri sangat dibutuhkan.

“Kita berharap tentu ke depan TNI semakin meningkatkan profesionalisme, kekuatan militer suatu negara biasanya menjadi indikator sebuah negara dapat disegani oleh negara lain, kita juga terus memberikan kontribusi kerja sama dengan TNI untuk mendukung kedaulatan NKRI,” ujar Gubernur Ansar.

Pada upacara ini, Mayjen TNI Lismer Lumban Siantar selaku Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I bertindak sebagai inspektur upacara mewakili Pangkogabwilhan I.

Adapun yang bertindak sebagai komandan upacara yaitu Letnan Kolonel (Letkol) Infanteri (Inf) Galih Bramantyo yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Kodim 0316/Batam.

Peserta upacara seluruh unsur satuan dari tiga matra TNI di Kepulauan Riau beserta Satuan Polisi Pamong Praja, organisasi kepemudaan, dan Pramuka.

Peringatan HUT TNI k-77 tahun 2022 ini mengusung tema “TNI Adalah Kita”.

Mayjen TNI Lismer Lumban Siantar yang membacakan amanat dari Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menyebutkan berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat, diantaranya; Hasil Survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) tanggal 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik
sebesar 93,2%.

Sedangkan Hasil Survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) tanggal 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93%. Demikian juga hasil Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 merilis hasil survei dukungan dan kepuasan Kinerja TNI terhadap Demokrasi, sebesar 93.5%.

Oleh karena itu, Panglima TNI mengimbau kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan Tugas Pokok TNI.

HUT TNI disemarakkan dengan demonstrasi unjuk kemampuan dari TNI dalam berbagai skenario, diantaranya pembebasan sandera awak kapal ikan dan simulasi pembebasan pejabat VVIP.

Turut hadir dalam upacara HUT TNI tersebut yaitu Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani, Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, Kabinda Kepri Laksamana Pertama TNI Ardiansyah, Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, dan sejumlah unsur Forkopimda Kepri lainnya. (jlu/zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...