Silakan Berdecak, Lukisan Raden Saleh Terjual Rp36 M di Perancis

Loading...

Suarasiber.com – Salah satu karya maestro pelukis Indonesia, Raden Saleh berjudul Megamendung yang dibua1861 terjual dengan harga fantastis.

Lukisan yang menampilkan pesona pemandangan alam di Megamendung, Puncak, Bogor ini dibuat di atas kanvas berukuran 134 x 165,5 centimeter.

Pembelinya yang disebut pembeli premium membelinya dalam lelang yang digelar rumah lelang Daguerre bekerjasama dengan rumah lelang Jack-Phillipe Ruellan. Demikian disampaikan Delphine Kahl mewakili rumah lelang jack-Phillipe Ruellan.

Pelelangan lukisan Raden Saleh berlangsung pada 2 Desember 2021 di Drout Paris dengan melibatkan pakar seni lukis kuno, Cabinet Turquin.

Melansir detik.com, sSelain itu, Kahl menyebut ‘A View of Megamendung’ memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki lukisan lain dengan seri yang sama.

Karya lukisan merupakan sebuah toponim atau ilmu, studi yang membahas nama geografis, asal usul nama tempat, bentuk, dan makna nama diri termasuk nama orang dan tempat.

Yang tak kalah menarik, lukisan ternyata tidak pernah meninggalkan keluarga Cassalette, kolektor sekaligus pemilik lukisan sebelum lelang.

“Lukisan ini dibawa ke Eropa oleh Nikolaus Josef Eduard Cassalette sejak 1865,” katanya.

Sebelumnya, salah satu lukisan seri pemandangan di Bogor bertajuk ‘Mail Station at the Bottom of Mount Megamendung’ laku Rp 31 miliar di rumah lelang Christie, Hong Kong pada 2018.

Sementara lukisan ‘Self Portrait’ (1835) dan ‘Javanese Mail Station’ (1879) menjadi koleksi filantropi Haryanto Adikoesoemo dan berada di Museum MACAN Jakarta. Sedangkan satu lukisan lagi berada di Kastil Ehrenburg, Coburg, Jerman. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...