Saatnya Membangunkan Raksasa Tidur, Ansar: Pangkil Jadi Embrio Budi Daya Perikanan

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad  berharap budi daya perikanan kelong apung di Desa Pangkil, Bintan dapat menjadi embrio awal membangkitkan potensi budi daya perikanan. Tidak hanya di Bintan, namun di seluruh Kepri.

“Walau mungkin untuk skala kementerian, ini budi daya kecil. Namun kita berharap yang dilakukan anak-anak muda di sini menjadi embrio dan pemicu untuk daerah lain” kata Ansar, saat ikut panen dan tebar benih ikan bersama Dirjen Perikanan Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan di Desa Pangkil, Bintan, Jumat (12/11/2021).

Sementara itu Dirjen Perikanan Budidaya KKP Tubagus Haeru Rahayu, mengatakan saat ini adalah saatnya membangunkan raksasa tidur yaitu budi daya perikanan.

Disebut raksasa, karena potensinya sangat besar yaitu 16 persen dari total 1,33 triliun dolar AS.

“Salah satunya ini sudah dimulai dari Kepri (Pulau Pangkil). Mudah-mudahan ini menjadi pemicu dan provokator positif untuk kelompok-kelompok yang lain” ujarnya.

Tubagus menambahkan kementerian tidak melihat suatu budi daya dari ukurannya. Namun, bagaimana nanti embrio ini bisa berkembang.

Turut menghadiri kegiatan tersebut Direktur Perbenihan Nono Hartanto, Kasubdit  Perbenihan Ikan Laut Nasrul Efendi, Bupati Bintan Roby Kurniawan, Pj. Sekdaprov Kepri Ir. lamidi, Kepala DKP Kepri H.T.S Arif Fadilah, dan Kepala BPBL Batam Toha Tusihaidi. (git)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...