AWe Siapkan Modernisasi Pertanian dan Perikanan di Bintan

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Cabup Bintan Alias Wello (AWe) menegaskan komitmennya untuk memodernisasi pertanian dan perikanan di Kabupaten Bintan.

Modernisasi adalah jawaban dan solusi untuk membuat warga lebih makmur dan sejahtera. Sekaligus memberikan perlindungan jiwa bagi semua petani dan nelayan di Bintan.

Sebagai anak petani dan besar di lingkungan masyarakat nelayan, AWe sangat memahami persoalan mereka.

“Bagaimana kita mau sejahtera jika masih menggunakan cangkul, parang atau sabit. Butuh waktu berhari-hari, bahkan berbulan hanya untuk mengolah tanah.

Belum lagi untuk menanam dan menunggu berbuah,” kata AWe ke petani padi di Parit Bugis, Bintan Buyu, Senin (12/10/2020).

Karena masih manual, potensi sawah puluhan hektare di tempat itu nyaris tak tergarap. Hanya sekitar 12 hektare yang ditanami dan masih tergantung musim.

Ajaibnya, saat musim hujan mereka susah menanam karena irigasinya yang tidak tepat. Untuk air masuknya ada, tapi untuk air keluarnya tidak ada.

Akibatnya, padi akan rusak atau membusuk karena terendam air. Belum lagi warga kesulitan untuk mendapatkan bibit dan pupuk.

Kesulitan serupa dialami nelayan di Bintan, yang umumnya masih menggunakan peralatan tradisional. Dan, biaya operasional yang tinggi.

Di depan warga Pulau Mapur, yang nyaris seluruhnya nelayan, AWe memastikan rencananya untuk memodernisasi peralatan nelayan.

“InshaAllah jika diamanahkan, saya akan datangkan perahu nelayan berbahan bakar tenaga surya.

Agar, biaya operasional bahan bakarnya bisa ditekan. Sehingga, warga bisa lebih sejahtera,” jelas AWe, yang juga memastikan akan menindak tegas perangkat desa yang menyimpang. (mat) 

Loading...