Ingatkan Kejayaan Emporium Melayu, Alias Wello Ziarah ke Makam Yang Dipertuan Muda Riau

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Alias – Wello (AWe) – Dalmasri, bapaslon kepala daerah Kabupaten Bintan, menziarahi makam Daeng Marewa dan Daeng Celak, Selasa (15/9/2020) siang di Hulu Riau, Tanjungpinang.

Ziarah dilakukan di sela kegiatan pemeriksaan kesehatan hari kedua di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang.

Daeng Marewa adalah Yang Dipertuan Muda Riau I. Sedangkan, Daeng Celak adalah Yang Dipertuan Muda Riau II.

Daeng Celak menikah dengan bangsawan Melayu, Tengku Mandak dan memiliki dua orang anak, yakni Raja Haji Fisabilillah, Pahlawan Nasional dan Raja Lumu (Sultan Salehuddin Shah), yang kemudian menjadi Sultan Selangor I (Malaysia).

“Mereka yang dimakamkan di sini, yang sepanjang hayatnya telah mendarmabaktikan hidupnya untuk kita semua.

Khususnya mewujudkan persebatian Melayu Bugis. Dan, memberikan konstribusi membangun emporium Melayu, kebesaran Melayu, Kerajaan Riau Lingga Johor Pahang.

Emporium Melayu yang sangat terkenal dan sejajar dengan bangsa-bangsa di dunia,” kata Alias Wello.

Persebatian Melayu – Bugis dituangkan dalam sebuah perjanjian. Dan, dibacakan saat kunjungan Wapres Jusuf Kalla ke Daik, Lingga.

“Kita generasi penerusnya wajib mengetahui dan ingat dengan para leluhur yang telah memberikan arti kepada kita semua hari ini.

Mudah-mudahan nilai luhur yang sudah diwariskan kepada kita, memberikan semangat juang, spirit membangun kampung halaman kita, Bunda Tanah Melayu di Provinsi Kepulauan Riau ini,” jelas Alias Wello. (mat) 

Loading...