Mau Ikut CPNS 2022? Dengar Nih Penjelasan Menpan RB Tjahjo Kumolo

Loading...

Suarasiber.com – Belakangan ada kabar yang banyak dibicarakan warganet. Apalagi kalau bukan berita yang mengatakan pemerintah meniadakan CPNS tahun 2022.

Adalah pernyataan Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana melalui Instagramnya. Bima menyebutkan jika pemerintah tidak membuka lowongan CPNS di tahun depan.

Penjelasan Bima sebenarnya untuk membalas komentar seorang pengikutnya yang meminta agar CPNS tahun 2022 dibuka.

Bima pun membalas jika tahun depan seleksi hanya dibuka untuk formasi PPPK. Pada tahun 2022 paling banyak PPPK, penerimaan PNS sangat sedikit, tulis Bima.

Ditambahkan olehnya, ke depan jumlah keseluruhan pegawai pemerintah 80%-nya adalah PPPK, sisanya baru PNS. Dia menyebut nantinya PNS cuma untuk posisi pengambil kebijakan.

PNS hanya untuk posisi pengambilan kebijakan. Di masa depan total ASN itu idealnya 20% PNS, 80% PPPK. Kesejahteraan sama, tulisnya.

Hal ini membuat Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo buka suara. Meluruskan kabar yang beredar Tjahjo mengatakan.

“Penerimaan CPNS bukan ditiadakan namun dikurangi. Jumlahnya dilakukan sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (12/10/2021) di Jakarta.

Kata Tjahjo, kalau butuhnya PNS 5 ya akan dicari 5 saja. Ini berbeda dengan zaman dahulu, yang meninggal 5 yang masuk 100.

Ia tak menampik komentar Bima jika pemerintah akan menerima pegawai dengan sistem PPPK.

Menurut Tjahjo, gaji dan tungan PPPK sama dengan PNS. (man)

Loading...