Ratusan Warga Kepri Terlunta-lunta dan Mulai Kelaparan di Negara Solomon Island

Loading...

Suarasiber.com – Ratusan pekerja Indonesia yang nyaris seluruhnya asal Provinsi Kepri, terlunta-lunta di negara Solomon Island. Negara yang terletak di Samudra Pasifik.

Mereka ingin kembali ke Indonesia dan Kepri, namun tidak bisa. Karena, perusahaan yang mempekerjakan mereka sudah beberapa bulan tidak mampu membayar gajinya.

“Yang terjadi sekarang, Pak, yang kami alami di sini adalah sebagai berikut: Kami di sini sdh mengalami masalah penggajian. Perusahaan sudah menunggak dan kami di sini sudah tidak ada kerja lagi sampai sekarang,” kata Bosman, salah seorang pekerja menjawab suarasiber.com, Kamis (12/11/2020).

Bosman, mengatakan perusahaan sudah menunggak sejak Juli sampai Oktober 2020. “Bulan Juli memang ada dicicil gaji tapi sampai sekarang sisanya belum lunas,” ucapnya.

Bosman menambahkan kini mereka minta dipulangkan ke Indonesia. Karena perusahaan tak ada lagi kegiatan. Dan,  menurut keterangan perusahaan mereka sudah disetop bekerja.

Menjawab kondisi terkini di Solomon, Bosman, menjelaskan untuk makan sudah kekurangan dan memenuhi standar kesehatan.

“Sementara ini, kami tinggal di basecamp PT. Kami ada 3 group camp. Dan, yang satu basecamp sudah diusir pemiliknya tadi. Untuk makan kami sekarang sudah mulai mengalami krisis. Kadang hanya makan tepung yang digoreng untuk lauknya dan minumnya air hujan. Kadang untuk bertahan hidup aja, kami harus pergi ke ladang warga setempat cari daun ubi biar ada lauk,” ungkap Bosman. 

Sebelumnya, redaksi menerima informasi warga Kepri di Solomon Island dari Rudi Chua. Rudi berharap pihak terkait dapat menindaklanjuti masalah ini. (mat)

Loading...