free page hit counter

Kehidupan Muslim Indonesia yang Moderat Dipromosikan di Siaran Radio Prancis

Loading...

Suarasiber.com – Siaran Islam saat ini menjadi acara rutin setiap hari di Beur FM, Perancis. Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Paris, Warsito mendapatkan undangan sebagai tamu, belum lama ini.

Siaran Islam saat ini berdurasi satu jam, selalu menghadirkan tokoh-tokoh nasional di bidang keagaaman atau pendidikan, seperti dikutip dari laman resmi kemendikbud.

Kepada host senior Beur FM, Philippe Robichon, Warsito bicara tentang budaya kehidupan toleransi beragama di Indonesia.

Umat muslim di Indonesia adalah mayoritas yaitu 87% dari jumlah penduduk Indonesia, atau berjumlah lebih dari 235 juta muslim. Kehidupan bersosial dan beragama di Indonesia berjalan dengan penuh kedamaian.

Hal ini berkat cara pandang dan cara praktik islam di indonesia adalah islam wasathiyah, islam moderat, islam pertengahan.

Pemerintah, ormas keagamaan, dan para tokoh masyarakat ikut aktif memberikan contoh bagaimana memposisikan agama dan keyakinan dalam kehidupan bersosial.
Atdikbud juga menjawab bagaimana peran pemerintah terhadap praktik beragama di Indonesia, khususnya umat muslim. Praktik manasik ibadah haji sebelum berangkat ke tanah suci selalu menjadi model atau contoh praktik baik bagi umat islam di dunia.

Saling menghormati apabila terjadi perbedaan hari saat mengawali dan mengakhiri puasa ramadhan juga menjadi bagian diskusi dalam wawancara tersebut.

Usai wawancara ini, Warsito pamitan untuk kembali ke Indonesia karena masa tugasnya sudah usai.

Ia mengatakan peran serta Beur FM selama ia bertugas di Perancis. Salah satunya promosi Kelas BIPA di KBRI Paris berhasil hingga memiliki 5 – 6 kelas tiap semester.

Beur FM merupakan salah satu stasiun radio FM di Prancis yang memiliki lebih dari 21 stasiun relay tersebar di berbagai kota di Prancis dan radio FM berkategori D, atau tematik. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...